Pengamat : Di tengah Manuver Segelintir Kader Merongrong Airlangga, Golkar Di- Bawah Airlangga Tetap Solid

Pemerintah135 views

Mabesnews.com l Jakarta – Pengamat sekaligus Akademisi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul Dr. Iswadi, M.Pd merespon dinamika Politik yang berlangsung di tubuh Partai Gokar. Mulai dari wacana munaslub yang dilontarkan secara Pribadi oleh salah satu anggota Dewan Pakar Yang kemudian dibantah secara tegas oleh Wakil Ketua Dewan Pakar Prof. Yuddy Chrisnandi dan secara tegas membantah isu bahwa Dewan Pakar Partai Golkar mengusulkan  menggelar  musyawarah nasional luar biasa (munaslab) untuk membatalkan dukungan pencapresan Airlangga Hartarto pada Pilpres 2024.

Dewan Pakar Partai Golkar tidak membahas kemungkinan dilakukannya Munaslub Partai Golkar yang sejatinya adalah rapat untuk memberikan sejumlah rekomendasi jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Kemudian diperkuat dengan Penegasan Ketua Dewan Pakar Partai Golkar, Agung Laksono yang  menolak secara tegas wacana musyawarah nasional luar biasa (munaslub) yang ingin mencopot Airlangga Hartarto dari kursi ketua umum. Agung menegaskan hasil rapat pleno pihaknya yang dikirim ke Airlangga sama sekali tak merekomendasikan munaslub. Menurut Agung, rekomendasi dewan pakar murni untuk menguatkan internal partai menghadapi Pemilu 2024 dan secara terpisah Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar Ridwan Kamil (RK) merespons soal masuk bursa bakal calon wakil presiden (bacawapres) potensial di 2024 mendampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ridwan Kamil dengan sangat tegas mengatakan saat ini masih mengusung Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto sebagai calon presiden. Kemudian disusul dengan pernyataan Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily yang menegaskan tidak ada satu pun Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar yang mendukung Munaslub Partai Golkar. Ace yang juga merupakan Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat secara tegas menyatakan menolak adanya wacana munaslub. Dia memastikan, sikap yang sama juga ditunjukkan oleh DPD tingkat provinsi lainnya di seluruh IndonesiaSelain itu Ketua Umum DPP Angkatan Muda pembaruan Indonesia (AMPI) Jerry Sambuaga juga ikut merespons isu musyawarah nasional luar biasa (Munaslub) yang berkembang di Partai Golkar terkait desakan penggantian Airlangga Hartarto menuju Pemilu 2024. Jerry menegaskan isu itu tidak benar dan inkonstitusional. Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar juga ikut membantah isu digelarnya musyawarah nasional luar biasa (Munaslub) di tubuh partai beringin. Sebaliknya, kata dia, Golkar kompak menghadapi Pemilu 2024. Hal yang sama juga mendapat penolakan keras DPD Partai Golkar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Ketua DPD Partai Golkar DIY Gandung Pardiman menegaskan seluruh DPD Partai Golkar se-Indonesia saat ini masih solid dan satu komando di bawah instruksi Airlangga. “Hal itu menunjukkan bahwa Golkar Masih sangat Solid di bawah Kepemimpinan Airlangga Hartarto,” ujar Akademisi berdarah Aceh ini, Jumat (14/7/23).

Akademisi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul ini menilai di tengah Manuver Segelintir Kader Merongrong Airlangga, Golkar di bawah Airlangga Tetap Solid dan terus bergerak menuju tahapan Pemilu 2024 ,dan hal tersebut dapat dilihat dari Rakernas Tahun 2023 seluruh kader masih bulat untuk mendukung Airlangga Hartarto menjadi capres maupun cawapres. Karena, Menko Perekonomian itu masih memiliki waktu sebelum pendaftaran capres cawapres oleh KPU untuk terus memperkuat komitmen kebangsaan dengan mitra koalisi. Alumni Doktor Universitas Negeri Jakarta ini juga menilai Hasil rapat kerja nasional (Rakernas) 2023 Partai Golkar menunjukkan internal kader dan pengurus Golkar solid di bawah kepemimpinan Airlangga Hartarto. Dr. Iswadi, M.Pd mengatakan Golkar merupakan partai besar yang memiliki struktur kuat, pengalaman, dan jaringan luas. Maka dengan status partai besar, kunci kesuksesan Golkar adalah soliditas.

insya Allah Golkar akan kembali berjaya, maka tidak ada pilihan lain harus memperkuat internal secara lebih bersatu. Poin-poin yang dihasilkan rakernas adal. Red