GPEI Siap Berkoordinasi dengan Kedubes RI Jajaki.Peluang Ekspor di Negara Lain

MabesNews.com, Medan-Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) siap berkoordinasi dengan Kedubes RI di Kuala Lumpur Malaysia maupun dengan Kedubes RI lainnya menjajaki peluang ekspor di berbagai negara.lain

“Kita akan terus berupaya melakukan koordinasi maupun kerjasama dan sama-sama bekerja dengan Kedubes Ri atau Atase perdagangan mengenai peluang ekspor Indonesia di.negara bersangkutan,” kata KetuaUmum DPP GPEI, Khairul Mahalli melalui telepon dari Jakarta,.Minggu 23/7/2023.

Ketua Umum Kadin Sumut ini juga menyebutkan sentrra-sentra produk.UMKM seperti di Sumatera Utara harus mendapat perhatian pemerintah setempat. Mereka perlu terus.meningkatkan.produksinnya.

“Termasuk manajemen, administrasi, tehnologi, dan kemasan produk yang baik sehingga bisa bersaing kuat dengan produk andalan ekspor dari negara.lain,” harap Mahalli.

Dia juga.mencontohkan ada pelaku UMKM di Sumatera Utara yang sudah berkiprah di pasar ekspor Malaysia yakni Muhammad Yunus dari Hamparan Perak. Berbagai produk UMKM diolah di industri Malaysia dan dipasarkan di negara tetangga tersebut.

“Kita juga berharap UMKM lainnya perlu terus meningkatkan kapasitas usahanya sehingga menjadi UMKM naik kelas. Kadin dan GPEI siap mencari.peluang pasar UMKM baik di.pasar.lokal.maupun di.luar negeri,” ujar Mahalli yang pekan.lalu.mengundang dua.pelaku.UMKM tampil.mengikuti kegiatan di Kuala Lumpur.Malaysia yaitu Tim Peneliti Rekayasa Sosial RKI WCU Universitas Sumatera Utara.

Dia mengapresiasi Tim Peneliti Rekayasa Sosial RKI WCU Univesitas Sumatera Utara telah mempercayakan Kadin Sumut dan GPEI dalam mendorong aktivitas usahanya lebih berkembang ke depan.

“Sebab, Kadin dan GPEI merupakan wadah dan payung hukum bagi pelaku usaha termasuk dalam bisnis ekspor-impor. Kita berharap melalui kerjasama yang baik ini akan memberi kemudahan maupun kemajuan bagi pelaku usaha,” pinta Mahalli.(tiar)