Kodam XVI/Pattimura Siap Dukung Operasi Lilin Salawaku Tahun 2022

MabesNews.Com | Ambon — Peringatan Hari Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 tinggal menghitung hari. Untuk mengamankan momen tersebut, sebanyak 350 personel TNI turut diterjunkan dalam Operasi Lilin Salawaku Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2022-2023 yang digelar mulai 22 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023 di Maluku. Selain personil, Kodam XVI/ Pattimura juga mengerahkan kendaraan tempur dan kendaraan taktis dari Yonif Raider 733/ Masariku maupun Denkav 5/ BLC yang siap mendukung Kepolisian Daerah Maluku dalam operasi tersebut.

Selain personel TNI-Polri, Operasi Lilin Salawaku ini juga mengikutsertakan lembaga lainnya seperti Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Damkar dengan total 3140 orang. Asisten Operasi Kasdam XVI/Pattimura ,Kolonel Inf Rusdian Parma turut menghadiri apel pengecekan pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) “Ops Lilin Salawaku” Tahun 2022, yang digelar di Lapangan Tahapary Polda Maluku, Jl. Sultan Hasanuddin, Sirimau, Ambon. Bertindak selaku Pimpinan Apel Irwasda Polda Maluku Kombes. Pol. Jannus Parlindungan Siregar, S.I.K., M.H. dan Komandan Apel AKBP Luther Bani.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam sambutan yang dibacakan oleh Irwasda Polda Maluku mengatakan apel pengecekan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personil maupun sarana dan prasarana secara optimal serta sinergi sehingga perayaan natal 2022 dan tahun baru 2023 dapat berjalan kondusif.

Lanjut dikatakan, menurut hasil survey Kemenhub diperkirakan akan ada 44,17 juta orang akan melakukan pergerakan pada natal ini. “Oleh sebab itu Polri dengan dibantu TNI, Pemerintah Daerah, Mitra Kamtibmasta dan Stakeholder terkait menggelar operasi kepolisian Operasi Lilin Salawaku 2022 selama 11 hari kedepan”, ujar Kapolri.

Hal ini dilakukan agar masyarakat merasa aman dan nyaman sebagaimana perintah Presiden Joko Widodo. Ada beberapa penekanan yang disampaikan mulai dari bidang kesehatan, keamanan, mitigasi bencana hingga ketahanan pangan dan BBM. Selain itu juga pengamanan ibadah natal baik saat pelaksanaan Misa hingga puncak perayaan Natal.

Menutup sambutannya, Kapolri menekankan bahwa keberhasilan pengamanan Ops Lilin 2022 merupakan tanggung jawab bersama yang harus dapat diselesaikan dengan baik. “Jadikan Ops Nataru ini sebagai kebanggaan, laksanakan secara profesional dan penuh tanggung jawab”, tandasnya. (Pendam16)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *