Bekerja Sama Dengan Pok Tani, Babinsa Buka Lahan P3MP Koramil 08/Bukit Sundi.

TNI706 views

MabesNews.Com | Solok,Sumbar — Koramil 08/Bukit Sundi, Kodim 0309/Solok, Babinsa Serka Edi Sunardi dan Serda Richal melaksanakan Pembuatan Lahan P3MP Koramil yang bekerja sama dengan Kelompok Tani Al Jami’eq bertempat di Jorong Batu Kijang, Nagari Dilam. Kecamatan Bukit Sundi, Kabupaten Solok. Rabu, (4/1/2023).

Dalam menindak lanjuti perintah dari Komando Atas Korem 032/Wbr, setiap Koramil jajaran Kodim diperintahkan untuk membuat lahan P3MP, guna mewujudkan Ketahanan Pangan (Hanpangan) yang kuat dan memberikan contoh kepada masyarakat dalam pemanfaatan lahan kosong menjadi lahan produktif.

Selain itu, kegiatan ini untuk meningkatkan perekonomian Prajurit serta masyarakat yang berada di wilayah binaannya.

Kegiatan yang bekerja sama dengan menggandeng Kelompok Tani Al Jami’eq yang berjumlahkan 25 orang anggota. Kelompok Tani Al Jami’eq yang diketuai oleh Jarluis, Pembina Poktani Sarwo Edi, Sekretaris Tanti dan Bendahara Eni Satri.

Penanaman ubi jalar dengan luas lahan Setengah Hektar yang dilaksanakan pada hari Rabu 4 Januari 2023 dan diperkirakan panen tanaman ubi jalar pada 10 April 2023.

Danramil 08/Bukit Sundi Kapten Czi Jon Erikson mengatakan, menggalakan program ketahanan pangan di wilayah, melalui pemanfaatan lahan tidur untuk diolah menjadi lahan produktif dan pendampingan kepada kelompok tani oleh Babinsa di wilayah binaanya, kegiatan tersebut merupakan upaya pencapaian swasembada pangan.

Lanjutnya, karena ubi jalar ini tidak hanya dapat pengganti kebutuhan sehari hari, tetapi bisa membantu meningkatkan perekonomian warga dalam mendukung program Pemerintah dan Komando atas yakni mewujudkan ketahanan pangan,” ungkapnya.

Terpisah, Dandim 0309/Solok Letkol Arm Hendrik Setiawan, S.E., mengatakan, bahwa saat ini kita tengah fokus dalam penguatan ketahanan pangan di seluruh wilayah jajaran Kodim 0309/Solok, dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada di wilayah binaan dan memberikan pendampingan kepada para petani dalam mengolah lahan pertanianya.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *