Upacara Dan Syukuran 1 Juli Dalam Rangka Hari Bhayangkara Ke-77 Tahun 2023 Tingkat Polres Cirebon Kota

Lainnya63 views

MabesNews.com – Polres Cirebon Kota – Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara Ke-77 Tahun 2023 Polres Cirebon Kota melaksanakan Upacara dan Syukuran, Sabtu (1/7/2023).

Upacara dan Syukuran Hari Bhayangkara Ke-77 Tahun 2023 di gelar di Balai Kota Cirebon Jalan Siliwangi No. 84 Kebon Baru Kecamatan Kejaksan, Cirebon Kota.

Hari Bhayangkara Ke-77 Tahun ini mengusung Tema, Polri Presisi Untuk Negeri Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju

Kapolres Cirebon Kota, AKBP Ariek Indra Sentanu mengatakan, dalam sambutan nya pada hari ini Instansi Polri sudah berumur yang Ke-77 Tahun, namun sejarah berdirinya sudah ada sejak Zaman Kerajaan Majapahit, satuan Kepolisian mulai di bentuk pada masa Kerajaan Majapahit, saat itu Patih Gajah Mada membentuk Pasukan Khusus dengan sebutan Bhayangkara.

Tugas Pasukan Bhayangkara ini adalah untuk melindungi Raja dan Kerajaan Majapahit, Nama pasukan Bhayangkara ini pun di sematkan sebagai Hari Bhayangkara yang di peringati 1 Juli atau hari lahirnya Polri, kata AKBP Ariek Indra Sentanu.

Seiring berkembang nya Zaman barulah pada 1 Juli 1946, Polri resmi di tetapkan sesuai dengan Penetapan Pemerintah Tahun 1946 No.11 sampai dengan adanya surat penetapan tersebut, Tanggal 1 Juli di peringati sebagai Hari Bhayangkara.

Polri sebagai salah satu instansi yang berada di Negara Republik Indonesia tidak lepas dari tugas dan tanggung jawab yang telah diatur dalam Undang – Undang Negara Republik Nomor 2 Tahun 2002, Polri mengemban tugas sebagai pemelihara keamanan, ketertiban, pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat serta Penegakan Hukum, ujar AKBP Ariek Indra Sentanu.

Lanjut Ariek Indra Sentanu pada Hari Bhayangkara Ke-77 Tahun ini mengusung tema, “_Polri Presisi Untuk Negeri, Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju_” Besar harapan tantangan yang akan di hadapi Polri pada Tahun 2023 ini dalam menghadapi Tahun Politik dan Pesta Demokrasi serentak pada Tahun 2024 dapat berjalan dengan damai tidak mengganggu keamanan, Persatuan dan Kesatuan NKRI.”

Semoga di Hari Bhayangkara Ke-77 Tahun Polri mendapatkan berkah sehingga makin handal, makin di Cintai Rakyat dan Reformasi Internal Polri berputar makin cepat dan berjalan dengan baik, tutur AKBP Ariek Indra Sentanu. Pewarta (Markus.T).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *