Pengawasan Super Ketat Atas Pelaksanaan Pengerjaan Peningkatan Ruas Jalan Bulu-Jatirogo

MabesNews.com – Pemerintah Kabupaten Tuban mulai melakukan pengerjaan pembangunan infrastruktur jalan ruas Bulu – Jatirogo.

Pembangunan jalan yang melintasi dua kecamatan tersebut guna meningkatkan aksesibilitas warga.

Dikonfirmasi via telepon, Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas PUPR PRKP Kabupaten Tuban, Basdi menjelaskan,’ saat ini proses pembangunan jalan tersebut masih tahap awal berupa pengerukan tanah sisinya. Tujuannya, untuk melebarkan jalan sebelum nantinya dilakukan pengecoran.”Jelasnya.

Ia menuturkan ,”Proses pengerjaan berupa rigid beton dengan total panjang mencapai 2.945 meter atau 2,9 kilometer dan lebar 6 meter, proses pelaksanaan pengerjaanya dibagi menjadi 6 segmen atau spot. Penentuan lokasi pembangunan didasarkan pada tingkat kerusakan di ruas jalan tersebut. Adapun pengerjaan pembangunan dilakukan CV Naraya Natha Nusantara mulai 11 Juli hingga 27 Desember 2023  dengan nilai kontrak mencapai 14,5 milyar,”Tuturnya.

Ditegaskan, “Pengawasan akan dilakukan dengan ketat sehingga dapat selesai tepat waktu dan hasilnya sesuai dengan perencanaan,” Tegasnya pada Kamis (27/07/2023).

Proses pengerjaan rencananya akan dilakukan per sisi secara bergantian. Artinya, akan dikerjakan satu sisi agar jalan tidak tutup total dan warga tetap dapat melintas. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan kepolisian dan Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup berkaitan pengaturan arus lalu lintas. Warga juga diimbau lebih berhati-hati saat melintas karena akan banyak pekerja dan alat berat di sepanjang ruas Bulu – Jatirogo.

“Apabila memungkinkan, pengguna jalan dapat mencari jalan alternatif lainnya,” sambungnya.

Basdi menambahkan,” jalan ruas Bulu – Jatirogo termasuk jalan poros kabupaten. Adapun kapasitas tonase maksimal sebesar 8 ton. Karenanya, kendaraan dengan beban tonase diatas 8 ton diimbau mencari alternatif jalan lain agar proses pengerjaan berjalan lancar dan kualitas jalan dapat terjaga.

Sebelumnya, pada awal tahun 2023, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE., didampingi pimpinan OPD melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Jatirogo. Dalam kesempatan tersebut, Mas Lindra mengatakan ‘Pemkab Tuban telah mengalokasikan anggaran pada APBD 2023 untuk melakukan perbaikan dan peningkatan jalan ruas Bulu – Jatirogo menjadi rigid beton. Masyarakat diharapkan mendukung pelaksanaan proyek tersebut karena menjadi kebutuhan bersama.

 

Pewarta: MASRIP.