Pangdam Pattimura Hadiri Peresmian Pura Siwa Sthana Giri Ambon

Pemerintah119 views

 

MABESNEWS.COM|Pangdam XVI/ Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, S.E., M.M. menghadiri Upacara Ngenteg Linggih dan Peresmian Pura Siwa Sthana Giri yang berada di kawasan Museum Siwalima, Ambon, Minggu (05/02/2023).

Upacara Ngenteg Linggih ini mempunyai makna untuk menyucikan dan mensakralkan Ida Sang Hyang Widhi dan manifestasinya sehingga bangunan suci yang sudah di-pelaspas memenuhi syarat sebagai simbol objek konsentrasi pemujaan umat Hindu dan diresmikan langsung oleh Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Murad Ismail.

Acara diawali dengan tarian penyambutan khas adat Bali tari Condong, menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan doa, pembacaan Darma Wacana oleh Ida Rsi Bhagawan Darma Cadhu Siddhi dan Sambutan Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Maluku, Dr. I Wayan Sutapa, M.Sc.

Pangdam yang hadir pun turut mengucapkan selamat atas peresmian Pura Siwa Sthana Giri ini. “Saya berharap dengan diresmikannya Pura ini dapat membawa kebaikan dan berkah bagi umat Hindu yang berada di Ambon. Tak hanya sebagai rumah ibadah tetapi juga sebagai tempat bersilaturahmi, membangun kekeluargaan antar umat Hindu,” ujar Pangdam.

Sedangkan Gubernur juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak atas perhatian dan kerjasama sehingga Pura Siwa Sthana Giri dapat selesai pembangunannya dengan lancar. “Keberadaan rumah ibadah ini bukanlah sekadar bangunan tetapi menjadi simbol dan tanda kehadiran Sang Hyang Widi , Tuhan Yang Maha Kuasa. Manfaatkan sebaik- baiknya dalam membangun iman, ketaatan,” ujar Gubernur.

Setelah diresmikan, Pangdam turut mendampingi Gubernur menandatangani prasasti dan dilanjutkan meninjau bangunan Pura.

Adapun pejabat yang turut hadir dalam upacara ini diantaranya Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku, para tokoh agama Islam, Kristen, Katolik dan Budha, dan para tokoh masyarakat dan raja. *(Pendam16)

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed