MPLS SMK BUMI NUSANTARA WONOSOBO TANGGAMUS HADIRKAN ADVOKAT NURUL HIDAYAH GUNA PENYULUHAN HUKUM

Prov. Lampung112 views

MabesNews.com, Tanggamus –  SMK Bumi Nusantara, menggelar rangkaian Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) terhadap para siswa didik baru dengan menghadirkan Advokat Dr. (Can) Nurul Hidayah, S.H., M.H guna memberikan penyuluhan hukum, Selasa, 18 Juli 2023.

Penyuluhan yang diberikan Advokat Nurul Hidayah diantaranya kenakalan remaja dan bahaya Narkoba, tindak pidana lainnya yang diikuti oleh para peserta didik baru, dengan harapan mereka tidak terjerumus kepada hal yang negatif.

Dalam rangkaian kegiatan itu, Advokat Nurul Hidayah memberikan motifasi kepada pelajar untuk terus belajar dengan baik sehingga mereka dapat menggapai cita-cita yang idamkannya.

Antusiasme para pelajar tampak mendengarkan materi-materi yang disampaikan, bahkan diadakan sesi tanya jawab sehingga terbangun komunikasi  antara mereka.

Usai kegiatan, Advokat Nurul Hidayah mengatakan, pihaknya bersama tim memberikan penyuluhan hukum bagi siswa siswi baru di SMK Bumi Nusantara, Wonosobo Tanggamus dengan materi tentang kenakalan remaja yang sekarang  viral tentang tawuran para pelajar yang membawa senjata tajam sehingga disampaikan tentang Undang Undang Darurat Nomor 12 tahun 1951 Pasal 2.

“Ini yang sekarang marak terjadi di SMA wilayah bandar Lampung dan masih dalam tahap penyidikan di Polda Lampung. Ada yang di Polresta Bandar Lampung jadi atas pengalaman dalam perkara tersebut,” kata Nurul Hidayah.

Sambungnya, hal itu juga agar para siswa-siswi tidak melakukan perbuatan perbuatan melanggar hukum baik tawuran, Narkoba, dengan harapan agar menjadi bekal bagi siswa dan siswi baru di SMK Bumi Nusantara

“Harapannya, siswa baru siswi baru di SMK Bumi Nusantara Wonosobo nantinya tidak melakukan perbuatan perbuatan yang melanggar hukum seperti yang sudah saya sampaikan tadi,” harapnya.

Mewakili Kepala SMK Bumi Nusantara, Waka Kesiswaan Suharyono mengucapkan terima kasih atas materi yang diberikan Advokat Nurul Hidayah sebab materi tersebut sangat bermanfaat bagi siswa-siswinya.

Sesi Foto Bersama Advocat, Dr (Can) Nurul Hidayah, S.H., M.H dan tim beserta Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan serta Para Pelajar  SMK Bumi Nusantara, Wonosobo, Tanggamus.

Pasalnya dengan kehadiran Advokat Nurul Hidayah, SMK Bumi Nusantara ini semakin kuat dan juga dapat mencegah pemicu permasalahan permasalahan sebab  materi yang disampaikan dapat mencegaj timbulnya suatu masalah yang terkait salah paham, tawuran dan sebagainya.

“Beliau hadir kemari itu memberikan motivasi kepada siswa kami, terutama siswa yang baru supaya mengenal sanksi sanksi hukum yang dia lakukan sehingga dia akan membatasi. Mudah mudahan jkka anak anak kita paham hukum sehingga tidak melakukan sesuatu yang dianggap menyalahi,” ucap Suharyono.

Harapan Suharyono lainnya, juga dengan materi tersebut, anak-anak SMK Bumi Nusantara  tidak melakukan kriminalitas, anak-anak bisa menjadi anak yang baik.

Suharyono mengaku, terkait kerjasama dengan Advokat Nurul Hidayah sudah dilakukan sejak bulan Juni 2023 dan menyebut bahwa Nurul Hidayah sangat welcome sekali.

“Beliau memberikan edukasi kepada kami, dan bisa menyempatkan untuk hadir dan dengan adanya kerjasama betul betul menjadi pegangan untuk kami,” ujarnya.

Ditambahkannya, bahwa untuk jumlah penerimaan siswa baru tahun ajaran 2003 – 2002, semuanya yang terdaftar 201, namun dalam MPLS hanya diikuti 192 siswa, lantaran ada 9 siswa mendaftar  sekolah yakni sekolah negeri.

“Untuk jumlah siswa kelas satu sampai kelas 3, siswa kami  kurang lebih sekitar 480 orang,” tandasnya.

 

Zulmaidi.