Meski Guyuran Hujan Lebat Tak Surut Langkah Warga Berbuka Puasa Bersama di Aceh Sepakat Sumut

Pemerintah203 views

 

Mabesnews.com | Meski guyur hujan lebat di kota Medan dan beberapa kecamatan lainnya, tak menyurutkan langkah warga Aceh dan sekitarnya untuk berbuka puasa bersama di Aceh Sepakat Sumatera Utara Jalan.Mengkara 2 Medan Petisah, Sabtu 25/3/2023.

 

“Ya, walau pun hujan lebat hasrat jemaah cukup tinggi untuk berbuka puasa bersama,” bahkan angka kedatangan terus bertambah.” kata Wakil Ketua I Panitia Ramadhan 1444 H, Suriadin Noernikmat,ST,MM di sela kesibukannya memantau persiapan berbuka di Balai Raya Aceh Sepakat (BRAS).

 

Begitu juga halnya, kesibukan Ketua Harian Dr Ir H Muhammad Sabri dalam memberi komando serta dibantu teman lain menyiapkan sajian berbuka saban waktu. Sungguh suatu pekerjaan mulia dan berpahala. Apalagi bagi para donatur atau mereka yang berinfaq untuk memenuhi kebutuhan menu berbuka di BRAS.

 

Tak, heran suasana kesibukan para pekerja bagaikan mengejar waktu untuk menyajikan makanan berbuka tepat waktu. Mereka memang sejak lama sudah terlatih dan terbiasa setiap datang bulan suci Ramadhan.

 

Bahkan mereka memasak aneka masakan Ada masakan kari daging, gulee plik atau sayur kegemaran orang Aceh. Ada bubur kanji Rumbi. Sejenis bubur bercita rasa khas Aceh. Kanji Rumbi dimasak dengan bahan utama beras dan rempah- rempah dan bisa dicampur daging ayam maupun udang.

 

Di BRAS termasuk di pelatarannya berjejer meja yang di atasnya penuh hidangan untuk berbuka. Begitu beduk waktu tiba, jemaah pun membaca bismillah. Saat itu terlihat sebuah suasana menakjubkan. Betapa tidak, inilah pemandangan kebersamaan dan silaturahmi.

 

“Lantas siapakah yang menyatukan hati kaum muslimin kalau bukan Allah SWT. Inilah rahmat dan keberkahan di bulan suci penuh kegembiraan bagi orang-orang mukmin,” kata Ustadz Muhammad Arif dalam tausiahnya menjelang berbuka pertama di BRAS.

 

“Wah enaknya,” tutur salah seorang jemaah saat berbuka puasa sambil mencicipi bubur kanji Rumbi dan diamini isterinya duduk disampingnya sambil berbuka dengan kurma. Warga Sukaramai yang berbelanja bersama keluarga dan anaknya mampir di BRAS untuk berbuka puasa karena sudah waktu berbuka.

 

Mereka mengaku lezatnya bubur kanji Rumbi beserta sayur Aceh. Selain itu mereka juga mecoba mencucipi menu belacan Aceh dan kari daging sapi. “Wow, enak juga ya karena tak terlalu pedas masakan di bulan puasa,” ucap isterinya sembari menyuguhkan masakan tersebut kepada kedua bocahnya.

 

Sementara itu usai berbuka tampak dalam foto bersama di hari buka pertama kemarin Ketua Umum DPP Aceh Sepakat Sumut, H Mukhtar,SH,MM, Sekum H Agus Azwir,SH,M Hum, Ketua Panpel H Arbie Abdul Gani yang juga Ketua Bidang Ekonomi DPP Aceh Sepakat Sumut, Wakil Ketua I Panpel Suriadin Noernikmat,ST,MM yang juga Sekum YAS, Ketua Panpel Harian Dr Ir H Muhammad Sabri, Sekretaris Bustami Usman, Bendahara HM Hasbi Mustafa, tokoh masyarakat, alim ulama, Prof Dr H Abdullah Jamil,MA dan Ketua BKM Al Musabbihin H Djamaludin HA.(tiar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *