Ketua APDESI Kecamatan Sragi Peduli Warga Terkena Musibah.

Pemerintah148 views

 

Lampung Selatan–Tertiup angin Rumah milik Rukmana ( 48 ) Roboh hingga rata dengan tanah , terletak Desa Mandalasari RT 03 Dusun 01 Kecamatan Sragi Kabupaten Lampung Selatan

“sekitar pukul 17.00 wib Jum’at ( 27/1 /2023) beruntung tidak ada korban jiwa, Aparatur desa dan Ketua APDESI langsung turun ke lokasi.

Ketika di wawancarai Rukmana menceritakan kejadian , Sa’at itu rumahnya roboh terkena angin, kemaren Sore Jum’at sekitar pukul 17.00 wib , langsung masyarakat berdatangan membantu keluarga nya. Sabtu, (28/1/2022).

“Alhamdulillah masyarakat dan pemerintah desa sudah membantu kami, untuk membangun kembali rumah kami sehingga saya dan anak-anak bisa menempati rumah ini kembali,

“untuk sementara saya dan anak anak tinggal di rumah tetangga,” Ucap nya

Rukmana pemilik rumah mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Desa dan Uspika Kecamatan Sragi.

“Terima kasih pak Kades, pak polisi dan TNI sudah membantu dan meringankan beban kami, semoga Allah SWT. selalu memberikan nikmat kesehatan kepada kita semua,” unjarnya.

Masih di lokasi Ahmad Samidin selaku Kepala Desa Ketika di wawancarai Dia mengatakan pada hari Jum’at sore ada aparaturnya laporan bahwa ada salah satu rumah warga roboh.

Dia sudah melaporkan kejadian ini , sudah koordinasi dengan kecamatan, Ketua Apdesi, Dinas perkim, informasi hari Senin Bapak Bupati langsung akan meninjau ke lokasi.

” Sore itu saya mendapat informasi dari aparat saya ada rumah warga roboh langsung saya perintahkan aparat untuk mengompakan warga sekitar untuk membantu korban, dan saya langsung berkoordinasi dengan Camat, ketua Apdesi dan Kepala Dinas Perkim pak Dulkahar Alhamdulillah sambutan beliau Bagus, informasi Senin besok Bapak Bupati langsung akan meninjau,” Ujarnya

Lebih lanjut Samidin menyampaikan Langkah awal aparatur desa supaya masyarakat kompak untuk bergotong royong membangun warga yang terkena musibah, karena masyarakat sangat perduli dengan lingkungan.

“saya selaku kepala desa selalu bertanggung jawab penuh untuk membantu korban yang terkena musibah, dari rumah roboh akan kami dirikan kembali sehingga menjadi rumah layak huni,” Ungkap nya

Samidin Berharap siapapun donatur dari luar sana yang iba melihat mendengar korban, akan membantu baik kecil maupun besar kami juga siap menampung dan menyampaikan amanah tersebut. Kalau pun sampai selesai pembangunannya tidak ada yang membantu, memang kewajiban kami untuk membantu korban.,” Ucap Samidin

Turun langsung ke lokasi Ketua APDESI Kecamatan Sragi Iwan Kuswara mengetahui kejadian itu gerak cepat dan tanggap langsung melaporkan rumah warga roboh ke Pemkab Lampung Selatan.

“Selaku Ketua APDESI kami juga menyambungkan program-program Bupati pak H. Nanang Ermanto, bahwa kita harus cepat tanggap hal-hal terkait seperti bencana ini dan memang ada program Kabupaten untuk rumah-rumah terdampak bencana bisa langsung di tanggapi,” kata dia saat di wawancarai di lokasi rumah roboh.

Ia juga menyampaikan terkait bantuan pihaknya bersama APDESI Kecamatan Sragi akan segera membantu.

“Untuk bantuan pribadi insyallah nanti dari berbagai elemen, rekan-rekan Kades bisa untuk membantu,” ucapnya.

Ketua APDESI juga menjelaskan kehadiran mereka di lokasi rumah roboh tak lain untuk bergerak cepat membersihkan puing-puing.

“Untuk sementara ini kami akan membersihkan puing-puing, seperti bekerjasama,tadi dari berbagai pihak seperti Satgas Penanggulangan bencana, Koramil, Polsek dan Pemerintah Kecamatan. Dan kami juga menunggu informasi dari Dinas Perkim akan hadir pada senin untuk meninjau dan mendata, kami juga akan menghubungi dinas penanggulangan bencana dan dinas sosial,” pungkasnya.

(Iwan Sufiyawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *