Dengan Bela Negara, Membangun Patriotisme Kader Organisasi

TNI375 views

Perkuat pemahaman nilai-nilai ideologi Pancasila, Organisasi Masyarakat. Setya Kita Panasila (SKP) menggelar Seminar Bela Negara, di Mako Garnisun Tetap 1 Jakarta.Pusat, Selasa (31/1).

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Andreas Sumual, seminar mengusung tema “Dengan Bela Negara Kita Membangun Patriotisme Kader Organisasi”, dengan menampilkan sejumlah narasumber dari Kaskogartap 1/ Jakarta Brigadir Jenderal TNI Rano Tilaar dan Kefas Hervin Devananda,STh yang biasa di sapa dengan Romo Kefas Ketua Departemen Setya Kita Pancasila

Pada acara.yang diawali dengan doa pembukaan oleh Ustadz Fatulloh dan dilanjutkan dengan pengucapan Pancasila secara bersama-sama yang dilakukan oleh seluruh peserta seminar dipimpin oleh Brutoseno.

Ketua Umum Setya Kita Pancasila, Andreas Sumual, mengatakan, kegiatan diselenggarakan untuk memperkuat pemahaman nilai-nilai ideologi bangsa kita, yaitu Pancasila.

Brigjen TNI Rano Tilaar dalam materi paparannya mengungkapkan sekilas sejarah pembentukan Satuan Garnisun secara global dan tugas-tugas yang harus diemban oleh kesatuan Garnisun TNI, salah satunya adalah melaksanakan fungsi Penegakan Hukum Displin dan Tata Tertib Militer.

Brigjen TNI Rano Tilaar menjelaskab menghadapi Agenda Nasional kedepan TNI terus berkomitmen menjaga Netralitasnya dan akan mendukung terselenggaranya Pemilu dan Pilkada Serentak di tahun 2024 ini.

“Kita sebagai Aparat Garnisun TNI adalah sebagai penindak awal apabila nantinya ada laporan tentang adanya oknum TNI yang tidak menjunjung tinggi Netralitas TNI. Dimana untuk dapat mengusut dan menyidik oknum TNI tersebut dibutuhkan kerjasama serta kolaborasi dengan masyarakat” sebutnya.

Ditekankan pihaknya lebih mengutamakan agar TNI tidak melakukan kegiatan politik praktis dan tetap tegas menjaga netralitas nya di bidang Politik.

Pada kesempatan itu Ketua DPP bidang OKK SKP, Romo Kefas dalam materinya menjelaskan, dalam Ormas Setya Kita Pancasila (SKP), wajib merendahkan hati untuk dipimpin, sehingga menjadi kader yang terdidik dan pada akhirnya dipersiapkan pula untuk menjadi pemimpin.

Dikemukakan, aspek yang harus dipahami dalam merumuskan sistem kaderisasi dalam Ormas Setya Kita Pancasila, pertama menyangkut kaderisasi yang merupakan komponen terpenting dalam sistem berorganisasi SKP yang terintegritasi dan bersinergi dengan fungsi-fungsi organisasi lainnya. kedua adalah “permasalahan aktual diinternal serta eksternal yang dihadapi oleh SKP dimasa mendatang”, ,tegas Romo Kefas.

Oleh karena itu memahami dan mencermati setiap kader SKP seluruh Indonesia Protap yang berlaku di SKP seperti, Terpimpin, Terdidik, Terkordinasi, Taat Instruksi dan Tertib Administra

Dan ia minta semua Kader Kader SKP memiliki Militansi tanpa batas dalam mencintai Tanah Air serta Bangsa Indonesia yang sama – sama Kita Cintai ini.

Acara diisi dengan tanya-jawab dari peserta dan pemateru, dan diakgiri dengan doa penutup yang dipimpin oleh Pdt. Djajang Buntoro (KK/Heri Jef)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *