Daftar Haji Sekarang, Berangkat 34 Tahun Kemudian

Lainnya74 views

photo:(istimewah)Situasi Didepan Baitullah

MabesNews.com.BULUKUMBA, — Minat masyarakat Kabupaten Bulukumba, Sulsel, untuk menunaikan ibadah haji cukup tinggi. Berdasarkan data Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bulukumba, hingga 25 Juli 2023, jumlah daftar tunggu Calon Jamaah Haji (CJH) Bulukumba mencapai 12.803 orang.

Kasi Haji dan Umrah Kemenag Bulukumba, Abdul Hakim Bohari, mengungkapkan, Bulukumba termasuk salah satu kabupatem yang memiliki daftar tunggu terbanyak.

Banyaknya daftar tunggu, dikarenakan kuota haji itu terbatas,” katanya, Selasa 25 Juli.

Menurut Hakim, jika warga mendaftar tahun ini, maka diperkirakan akan berangkat 34 tahun ke depan. Kecuali ada penambahan kuota haji, bisa berangkat lebih cepat.

“Namun dengan perhitungan kuota sekarang dan daftar tunggu yang ada, maka diperkirakan 34 tahun baru bisa berangkat,” jelasnya.

Hakim juga membeberkan bahwa setoran awal untuk pendaftaran CJH sebesar Rp 25.000.000.

“Kemudian terkait biaya pelunasan ditetapkan pemerintah dan DPR RI setiap tahun berjalan. Untuk tahun ini jamaah melunasi sejumlah Rp 27.200.000,” rincinya.

Bagi warga yang ingin mendaftar sebaga CJH, harus melengkapi persyarat administrasi. Seperti foto copy KTP, foto copy kartu keluarga, foto copy akta kelahiran, foto copy kartu golongan darah dan foto copy rekening tabungan haji.”

Tajuddin