Wudhuk dan sempurnaan shalat berjamaah

Pemerintah179 views

MabesNews.com |Masjid Agung Sulthan Jeumpa Kabupaten Bireuen, Ahad tgl. 26.03.2023 ceramah subuh oleh tgk. H. Muhammad Ishaq sering disebut abon cot tarom.

Dalam pengajiannya,beliau menyampaikan sebuah hadits no. 269 dengan makna yaitu ingin kita utk menyampaikan selesaikan wudhukmu dan sempurnakan wudhukmu.

 

Disini Rasullullah SAW telah menyampaikan kepada ummatnya utk menjaga wudhuk dan disini termaktub tentang kesehatan diri dengan selalu bersuci.

 

Perbanyaklah langkahmu ke masjid-masjiddan tunggulah sampai shalat. Masa Dulu mencari nafkah setelah ibadah, masa sekarang ibadah setelah mencari nafkah. Rasulullah SAW menganjurkan tunggu shalat setelah shalat.

Kemudian apabila kemasjid sudah berwudhuk. Setelah sampai di masjid shalat sunnah tahhiyatul masjid, dan terus di masjid sehingga malaikat pun berdoa utk orang-orang yg berada di masjid.

 

Imam terus menganjurkan agar makmum utk merapatkan saf dan luruskan saf karena fahalanya besar sekali.

 

Kata Rasulullah SAW, aku dapat melihat kamu dari belakang, maka beramallah dengan baik dan sempurna.

Malaikat dikirim oleh utk membawa amalan hamba Allah kepadaku kata Rasulullah SAW. Nilai-nilai ibadah aku melihatnya dibawa kepadaku.

 

Apabila imam telah mulai takbir, maka upayakan jangan masbuk, ikutilah shalat bersama imam. Ada fahala khusus yaitu takbiratur ihram bersama imam shalat yg luar biasa besarnya tdk ada bandingannya.

Selanjutnya rukuklah bersama imam. Dan selanjutnya apabila imam itiday kita juga itiday dan bacalah doanya.

Sebaik-baiknya saf laki-laki adalah saf pertama. Kecuali dibelakang imam yg dikususkan utk naif imam. Dan sebaik-baiknya saf perempuan adalah saf paling akhir sesama perempuan.

 

Hai nisak apalagi sujud maka tutuplah matamu untuk menghindari melihat aurat laki-laki, sehingga saf perempuan diberikan pembatas dengan kain.

Semoga barakah Amin. (Dr.jufliwan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *