Produk UMKM Zayna Blue Tea dari Bunga Telang

Pemerintah146 views

 

Mabesnews.com, Medan-Kenal dengan bunga telang ?. Si biru indah menawan hati. Telang ternate spesies tumbuhan endemik. Asli pulau Ternate.Telang termasuk dalam famili Fabaceae.

 

Telang ternate merupakan spesies terpopuler dari seluruh species dalam genus Clitoria. Lantas apa manfaat bunga telang bagi kesehatan manusia ?

 

Ternyata bunga telang atau zena baik untuk kesehatan otak. .Membantu memperbaiki mood/ suasana hati. .Mencegah kerontokan rambut dan merangsang pertumbuhan rambut.Mengandung antioksidan. Bahkan bisa.mengurangi peradangan. .Mengurangi resihipertensi dan penyakit jantung.

 

Memahami manfaat bunga telang, Ema Satriani Hasan bersama Muhammad Darmawan dan sejumlah pekerja lainnya mengolah bunga telang menjadi teh sekaligus memberi nama produknya Squadra Zayna Blue Tea sejak 22 Desember 2021.

 

Tak hanya itu pelaku UMKM in sebelumnya sudah membudidayakan telang di kebun seluas 1000 meter persegi di belakang rumahnya kawasan Tanjung Morawa Deli Serdang pada 2020 lalu

 

Tak heran, tercatat ada 7 varian l produk yang dipasarkan yakni Telang Kering Zayna Blue Tea 20 gram, premium 30 gram.Telang Celup Original Zayna Blue Tea 20 Tea Bag, premium 20 Tea Bag.

 

Telang Sereh Celup Zayna Blue Tea 20 Tea Bag. Telang Rossela Mint Celup Zayna Blue Tea 20 Tea Bag.Telang Kristal Zayna Blue Tea 100 gram.

Telang Kristal (RTD) 250 ml.dan Telang Rossela Mint (RTD) 250 ml

.

“Bahan bakunya adalah bunga telang pilihan yang fresh dan untuk varian telang kristal ada bahan tambahan sereh, jahe, kayu manis, gula putih dan air putih.Standart produksi : Higienis, zero kontaminasi dan 100% organic,” jelas Direktur Pemasaran Aquadra Zayna Blue Tea, Ema Satriani Hasan saat berbicara kepada media ini di Medan, Jumat 3/3/23.

 

Tak tanggung, dalam memproduksi bunga telang menjadi berbagai varian teh,.pihaknya memiliki konsep “kearifan lokal dan kembali ke alam. Ema sadar betul bahwa semua yang alami dianugerahi Allah SWT bagus bagi kesehatan tubuh manusia.

 

Menyinggung tentang pemasaran produk Squadra Zayna Blue Tea,.Ema menyebutkan ada beberapa tempat pemasarannya antara lain.Toko Buku Sembilan Wali, chykes, Napoleon, Bolu Toba, Pondok Madu, A1 Aseli, Hotel Grand Mercure, Pojok UMKM DPRD, Pojok UMKM Partai Demokrat, Maju Bersama

.

“Bahkan jangkauan pemasaran kita untuk seluruh indonesia. Ya,kalau soal kemasan Squadra Zayna Blue Tea tak kalah bersaing dengan produk lain.

Warna packaging biru, tiap design kemasan punya tema tersendiri, memadukan teh dan souvenir khas Kota Medan,” tutur Ema.

 

Lantas apa.kendala dalam pemasarannya,.menurut Ema di Sumatera Utara sangat sulit untuk mengurus perizinan dan pembinaan UMKM. Artinya pelayanan bagi pelaku usaha belum maksimal dikarenakan tidak adanya cetak biru UMKM.

.

Namun, Ema mengaku riset dan pengembangan terhadap telang sedang mengoptimalkan turunan tanaman telang sebagai bahan pangan alternatif.

.

Bahkan pihaknya memproyeksi lima tahun kedepan :

mendirikan dan membimbing komunitas petani bunga telang di sekitar rumah produksi untuk menggencarkan gerakan menanam bunga telang di lahan masing-masing.

 

” Kemudiam zayna blue tea sendiri juga terus memperluas kebun bunga telang secara mandiri sampai menjadi farm visit yang punya selling point,” ujar Ema

 

.Selain itu meningkatkan rumah produksi menjadi factory visit yang punya selling point, ramah lingkungan dan ramah kepada manusia. Lahannya sudah dipersiapkan di Jalan Rotan, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara.

 

“Kita juga membentuk Tim Sukses Ekspor Zayna Blue Tea guna menciptakan akselerasi yang bertujuan memperluas pasar ke luar negeri. Mempersiapkan ekspor dalam skala besar baik negara Asia, Eropa, Amerika dan Timur Tengah.,” tambah Direktur Utama, Mumammad Darmawan.

 

Dia berharap melalui kegiatan ekspor komoditas ini bisa membangkitkan ekonomi yang mensejahterakan para petani bunga telang, dimana hal itu nantinya secara otomatis menstimulasi bangkitan ekonomi secara makro.

 

“Sehingga cita-cita negeri ini didirikan yaitu sebuah negeri yang mengumpulkan segenap kebaikan alam dan kebaikan perilaku penduduknya bisa segera tercapai di waktu kedepan,” pungkas Darmawan.

 

Ketua Umum Kadin Sumatera Utara, Khairu Mahalli menyambut baiknya dengan tampilnya produk UMKM berupa Zayna Blue Tea. Dengan sendirinya bertambah lagi khasanah produk UMKM Sumut andalan ekspor.

 

“Kadin Sumut dan Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) siap mencari peluang ekspor aneka produk daerah ini termasuk Zayna Blue Tea,” ucap Mahalli KOPITU Jalan Gagak Hitam Medan.(tiar)

 

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed