Pengamat Sarankan Para Capres Segera Umumkan Cawapresnya

Pemerintah70 views

Mabesnews.com l Jakarta – Pengamat sekaligus Akademisi dari Universitas Esa Unggul Dr. Iswadi, M.Pd mengharapkan hendaknya kandidat calon presiden dari semua Koalisi yang sudah terbentuk untuk segera mengumumkan siapa calon wakilnya di ajang pilpres 2024 nanti.

Iswadi berpendapat ini perlu segera dilakukan agar publik bisa memberikan penilaian kepada siapa yang terbaik dan layak untuk dipilih menjadi pendampingnya masing-masing. Mestinya semua koalisi yang sudah ada harus berani menyampaikan kepada publik.

Supaya publik bisa memberikan penilaian kira-kira siapa yang terbaik nantinya, yang layak untuk dipilih jadi pendamping” ujar Pria kelahiran Desa Mesjid Laweueng Kecamatan Muara Tiga Pidie Provinsi Aceh pada Kamis, 3 Agustus 2023.

Sampai saat ini semua koalisi belum berani mengumumkan siapa Cawapres pendampingnya masing masing, tambah Iswadi yang juga Ketua Umum Solidaritas Pemersatu Bangsa Indonesia (SPBI), dan merupakan eks Ketua Relawan Jokowi-JK Provinsi Aceh.

Alumni Program Doktoral Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Jakarta ini menilai hal itu justru kurang bagus. Menurut dia, itu menunjukkan bahwa persoalan cawapres semua koalisi juga belum jelas. Ia juga mengatakan akan lebih bagus jika semua koalisi segera mengumumkan siapa cawapresnya.

Ini bertujuan agar masyarakat dapat memberikan penilaian. Selain itu, Iswadi mengungkapkan khusus untuk Koalisi Perubahan dengan mengumumkan calon pendamping lebih awal, secara elektabilitas dan sosialisasi akan jauh lebih menguntungkan karena ada waktu yang begitu banyak untuk melakukan kerja-kerja politik. “Justru kalau koalisi Perubahan jika  diumumkan di detik-detik akhir.

Sebagai penantang tidak terlampau banyak diuntungkan karena ya penantang ini tentu berbeda dengan yang didukung oleh petahanan yang mereka sudah memiliki resource dan sumber politik yang saya kira sudah lebih jauh memadai, kan kira–kira begitu,” ujar Dosen Pascasarjana Ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul tersebut.(red)