Kodim 0111/Bireuen Tanam Ribuan Bibit Pohon Mangrove

TNI131 views

 

MABESNEWS.COM|Bireuen-Dalam rangka mensukseskan Program Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono Komando Distrik Militer (Kodim) 0111/Bireuen menggelar kegiatan peduli lingkungan hidup dengan menanam ribuan pohon Mangrove bersama Masyarakat, di pesisir pantai Desa Monkeulayu Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen,Selasa (28/02/2023)

Komandan Kodim 0111/Bireuen Letnan Kolonel Inf Ade Munandar,S.I.Pem mengatakan, kegiatan penanaman mangrove perdana ini merupakan program dari Mabes TNI.

Untuk jumlah bibit pohon Mangrove yang ditanam direncanakan sejumlah 25.000 batang dan dilaksanakan secara bertahap.Diharapkan pada saat Kickoff tanggal 10 Mei 2023 seluruhnya sudah tertanam.

 

Menurut Dandim dengan menanam pohon mangrove di sekitar lokasi bibir pantai, harapannya bisa menjaga kelestarian lingkungan hidup, mengurangi abrasi laut dan tempat berlangsungnya hidup biota laut, karena kawasan hutan mangrove adalah salah satu tempat yang paling nyaman untuk beberapa jenis makhluk hidup.

 

“Beberapa spesies seperti udang, ikan dan kepiting banyak berkembang biak di kawasan hutan mangrove,” tambah Dandim

 

Dandim juga berharap, keberadaan pohon mangrove dapat menjadikan sumber pendapatan bagi nelayan, pengembangan kawasan pariwisata serta dapat memberikan dampak ekonomi yang luas.

Penanaman pohon mangrove merupakan bentuk antisipasi untuk mengurangi abrasi, serta menjaga kelestarian lingkungan hidup, khususnya di wilayah pesisir Kabupaten Bireuen,” terang Dandim.

 

Mudah-mudahan pohon yang ditanam bisa bermanfaat menjadi motivasi kelompok masyarakat dan perusahaan untuk terus meningkatkan upaya-upaya pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup, serta sarana edukasi dengan masyarakat luas untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan asri,tutup Dandim 0111/Bireuen.

 

(Abdi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *