Kemenparekraf Puji Mandalaria Bulukumba: Pasirnya Putih, Atraksi Wisata Menarik

Lainnya84 views

photo:( istimewah )kementerian pariwisata dan Ekonomi kreatif mengunjungi pantai mandalaria Bulukumba

MabesNews com.BULUKUMBA – Direktur Tata Kelola Destinasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Indra Ni Tua bersama sejumlah rombongan mengunjungi Pantai Mandalaria di Desa Lembanna, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, dalam rangka penilaian Anugerah Desa Wisata (ADWI), Senin, 10 Juli 2023. Ia terkesan dan memuji potensi pariwisata Mandalaria.

“Ini alamnya, pantai pasir putih sangat baik dan punya nilai yang baik. Tinggal bagaimana membuat masterplan merancang agar bisa lebih baik. Masterplan akan jadi acuan pengembangan wilayahnya,” katanya.

Indra mengaku salut dengan sistem digitalisasi transaksi yang ada di Mandalaria. Dengan transaksi digital, katanya, maka kepercayaan masyarakat terhadap pengelola akan lebih kuat.

“Kemudian produk kreatifnya udah ada, kualitasnya bagus, harganya cukup representatif. Makanan ringan dan makanan-makanan tradisional juga ada di sini,” katanya.

Selain itu, Indra juga menyinggung keunikan masyarakat Bonto Bahari dalam merancang dan membuat kapal Pinisi. Ia bilang, proses pembuatan kapal Pinisi adalah atraksi wisata yang menarik.

Hanya saja, katanya, di balik kemampuan orang-orang sekitar dalam membuat kapal Pinisi tak dibarengi dengan Hak atas Kekayaan Intelektual atau HaKI.

“Kayak lagu. Sekali viral, dipakai di mana pun, yang memakai bayar royalti. Sehingga ini bisa jadi stimulus agar orang-orang terus berinovasi,” kata Indra.Ia menjelaskan pentingnya terdaftar di HaKI, sebagai pelestarian nilai-nilai pengetahuan dan budaya. Sebab baginya, membuat kapal itu tak sembarangan, ilmunya ada sama orang Panritalopi.”

Tajuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *