FORKOPIMDA DKI JAKARTA PERKUAT KERJA SAMA CIPTAKAN RASA KEAMANAN DAN KETERTIBAN WARGA

Pemerintah, Polri265 views

MABESNEWS.COM | Jakarta, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta kembali menggelar kegiatan Guyub Ketua Rukun Warga (RW), yang pada Sabtu (12/2) berlangsung di Ecoventional Ecopark Ancol, Jakarta Utara. Kegiatan serupa sebelumnya juga dilaksanakan di Jakarta Timur, Jakarta Barat, dan Jakarta Selatan.

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang kembali didampingi Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto, mengimbau seluruh perangkat RT/RW, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa se-Jakarta Utara untuk menjaga keamanan, kebersihan, serta pelayanan masyarakat.

“Apresiasi saya sampaikan kepada 449 Ketua RW, 31 Babinsa, dan 31 Bhabinkamtibmas se-Jakarta Utara, karena sudah bekerja sama dalam menjaga dan merawat Jakarta. Terima kasih karena telah membantu Pemkot Jakarta Utara, sehingga Bapak Ali (Wali Kota) dalam menjalankan program pemerintah sangat terbantu, seperti penanggulangan rob yang terdampak kepada warga. Terkait urusan keamanan, saya titip wilayah kepada RW, lurah, dan camat, tentunya bersama TNI-Polri, kita harus kerja sama dalam mewujudkan hal itu,” ujar Pj. Gubernur Heru.

Selain itu, Pj Gubernur Heru mengingatkan kepada peserta yang menghadiri kegiatan tersebut, bahwa unsur RW adalah bagian dari perangkat pemerintahan daerah. Mereka juga ikut dalam melaksanakan program keamanan dari Kepolisian dan TNI dan saling bersinergi satu sama lain dalam berbagai kegiatan apapun.

“Kita harus bisa menjaga lingkungan di tingkat RT/RW. Kami minta kepada Ketua RT/RW untuk terus memantau warga di lingkungan dengan terus memahami dan mengayomi mereka. Kami juga mohon kepada para Ketua RW untuk bisa menyosialisasikan berbagai program pemerintah kepada masyarakat, sehingga timbul unsur timbal balik,” kata Pj Gubernur Heru.

“Di samping itu, kami terus fokus memperhatikan warga yang kesejahteraannya butuh pertolongan, di mana pemerintah sudah banyak memberikan subsidi. Nah, ini kembali ke kita di lingkungan RT/RW, yang juga harus menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga warga merasakan ketenteraman,” tambah Pj. Gubernur Heru.

Sementara, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Fadil Imran juga menilai, peran RW ini penting, karena mengurus administrasi paling dasar. Bahkan, urusan pencegahan serta penindakan hukum pihak kepolisian juga membutuhkan peran RW.

“Apalagi jika pihak RW bisa mengayomi warganya, khususnya sejak remaja, sehingga bisa mencegah bibit-bibit kriminalitas di lingkungan masing-masing. Maka gangguan kamtibmas mampu terselesaikan dengan efektif,” pungkas Kapolda Fadil.

/red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *