Dukung Ketahanan Pangan Nasional, Kodim 0111/ Bireuen Gelar Panen Jagung

Pemerintah121 views

 

MABESNEWS.COM | Bireuen, Aceh – Komandan Kodim 0111/Bireuen Letnan Kolonel Inf Ade Munandar,S.I.Pem melaksanakan Panen Jagung dalam rangka mendukung Ketahanan Pangan Nasional yang diselenggarakan oleh Kodim 0111/Bireuen bertempat di Jln. Bireuen-Takengon KM 18 Desa Krueng Simpo Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen. Senin (06/02/2023)

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Pj. Bupati Bireuen, Dr Aulia Sofyan S.sos .M.Si, Kapolres Bireuen, AKBP Mike Hardy Wirapraja, S.I.K., M.H, Camat Juli, Doli Mardian, SE, Danramil 05/Juli, Kapten Inf Ruslan, Kapolsek Juli, Ipda Ryasa Rabbanie Tinumbang, STrK, Pasi Ops Kodim 0111/Bireuen, Kapten Inf Agus S, Kepala Desa Krueng Simpo, Safrizal, Spd, Para jajaran Danramil dan Posramil Kodim 0111/Bireuen, Para anggota Kodim 0111/Bireuen dan Para tokoh agama dan tokoh masyarakat Desa Krueng Simpo Kecamatan Juli.

Dalam sambutannya Dandim 0111/Bireuen Letkol Inf Ade Munandar,S.I.Pem mengatakan kegiatan panen jagung dalam rangka pemanfaatan lahan
Kosong diwilayah kodim 0111/bireuen.

Pangan merupakan komoditas penting dan strategis bagi bangsa indonesia mengingat pangan adalah kebutuhan dasar oleh manusia harus dipenuhi oleh pemerintah dan masyarakat secara bersama-sama seperti yang di amanat oleh undang-undang no.18 tahun 2012 tentang
Pangan,dalam undang-undang tersebut disebutkan pemerintah menyelenggarakan
Pengaturan, pembinaan, pengendalian dan
Pengawasan terkait pangan.

Sementara masyarakat menyelenggarakan proses produksi penyedian perdagangan, distribusi serta berperan juga sebagai
konsumen yang berhak memperoleh pangan
yang cukup dalam jumlah dan mutu yang aman dan merata serta terjangkau oleh daya beli mereka.

Pemerintah melalui para pelaku pertanian melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan
ketahanan pangan secara terus menerus namun hal ini belum maksimal mengingat pertambahan jumlah penduduk indonesia selalu lebih cepat dibandingkan dengan produksi sehingga kebutuhan Pangan, di indonesia akan selalu kurang oleh karena itu, peningkatan pembinaan ketahanan pangan perlu di lakukan oleh semua pihak salah satunya dengan memperdayakan satuan-satuan TNI.

Dandim 0111/Bieruen juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang
turut serta membantu dan berpartisipasi sehingga pemanfaatan lahan kosong ini berhasil dengan sangat memuaskan.

Kegiatan pemanfaatan lahan kosong ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, semoga dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan senergitas antara Kodim 0111/Bireuen dan pemerintah Kab. Bireuen di bidang pertanian.

Program ini masih berkelanjutan maka perlu adanya kerjasama antar intansi terkait, karena masalah pangan ini adalah tanggung jawab kita bersama, tanpa adanya senergitas dari kita semua mungkin kegiatan ini juga tidak akan terlaksana seperti saat ini.

Sementara itu Sambutan Pj.Bupati Bireuen mengatakan Kegiatan Panen Jagung dalam rangka mendukung Program Ketahanan Pangan Nasional yang diselenggarakan oleh Kodim 0111/Bireuen.

Sebagai pemerintah Kab. Bireuen sangat mendukung program ini dimana hal ini dapat meningkatkan ketahanan pangan nasional khususnya wilayah Kab. Bireuen.

Kegiatan seperti ini akan kita kembangkan di Kecamatan lain dalam wilayah Kab.Bireuen saya mohon dukungan dan kerjasama antara Pemerintah Kab. Bireuen dengan Unsur TNI khususnya Kodim 0111/Bireuen.

(Abdi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *