Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Bireuen MoA Dengan Fakultas Pascasarjana Umuslim Bireuen

Pemerintah133 views

 

MABESNEWS.COM | Bireuen, Aceh – Pelaksanaan penandatangan naskah kerjasama Memorandum Of agredments ( MoA) Dinas Pendidikan Dayah dan Fakultas pascasarjana dilingkungan Umuslim Selasa (7/2) Bireuen Aceh, di ruang rapat Ampon Chiek Kampus Umuslim berjalan lancar dan sukses.

Fakultas dan Program Pascasarjana lingkup  Universitas Almuslim menandatangani Memorandum of Agreements (MoA)  dengan Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Bireuen itu dilakukan masing-masing Dekan dan Direktur Pascasarjana dengan Kepala Dinas  Pendidikan Dayah Kabupaten Bireuen Dr H Jufliwan,SH,MM .

 

Rektor Umuslim Dr.Marwan, MPd pada kesempatan tersebut menyebut pihaknya siap berkolaborasi dan bersinergi dengan Dinas  Pendidikan Dayah Kabupaten Bireuen demi terwujudnya Bireuen sebagai kota santri seperti harapan semua pihak.

Disebutkan, penandatanganan  Memorandum of Agreements (MoA)  meupakan tindak lanjut dari MoU yang sudah ditandatangani Umuslim dengan Bupati Bireuen beberapa waktu lalu, ujarnya.

Ia menjelaskan peluang akan selalu terbuka apabila ada pihak-pihak untuk bekerjasama dan berkolaboratif dalam upaya memperkuat syariat islam, ujar Dr.Marwan,M.Pd.

“Dengan terjadinya kolaborasi akademisi dengan birokrasi khususnya bidang dinas pendidikan dayah dalam berbagai bentuk program kajian, riset bersama, sehingga lahirnya satu kegiatan untuk memperkuat dan mendukung syariat islam,”sebut Rektor.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Bireuen Dr.H.Jufliwan, SH.MM menjelaskan tentang keberadaan dinas yang dipimpinnya, dimana lembaga tersebut awalnya berbentuk Badan dimulai sejak tahun 2012.

“Saat ini dinas tersebut mempunyai dua bidang yaitu pembinaan pendidikan dayah dan Pemberdayaan. Sekara di Kabupaten Bireuen ada sekitar 157 dayah sudah terakreditasi, agar dayah lebih berkembang dan mandiri, maka dayah perlu pemikiran dari akademisi berasal dari berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu pertanian, IT, ekonomi, sospol dan  lainnya dapat berkontribusi untuk pengembangan ke depan,”sebut Jufliwan.

Jufliwan menambahkan pihak dayah  nantinya perlu berkolaborasi untuk memberdayakan lahan milik dayah,dan sektor lainnya seperti  kesehatan, lingkungan demi suksesnya program Gerda beriman (Gerakan dayah bersih indah nyaman dan aman).

“Jadi perlu peningkatan skill bidang lainnya karena di dayah masih kurang SDM bidang umum, nanti  mungkin bisa kolaborasi, mohon dukungan akademisi dalam berbagai aspek agar terwujudnya  peningkatan kualitas pelaksanaan syariat islam di kabupaten Bireuen, harap Pak Dr H Jufliwan,SH,MM.

(Abdi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *