Bupati Tapanuli Utara DR.Drs. Nikson Nababan MSI. Pimpin HUT RI ke-78 dan sampaikan akan Prestasi dan Capaian Tapanuli Utara.

MabesNews.com, Kab. Taput – Bupati Tapanuli Utara Dr. Drs. Nikson Nababan, M.Si menjadi inspektur upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di Lapangan Serbaguna Tarutung, Kamis (17/08/2023).

Upacara juga dihadiri oleh Wakil Bupati Tapanuli Utara Sarlandy Hutabarat SH, MM, unsur Forkopimda Taput, Ketua TP PKK Tapanuli Utara Satika Simamora, SE, MM, Wakil Ketua TP PKK Tapanuli Utara Marsaulina Lumbantobing, Sekda Taput Dr. Drs. Indra S.H Simaremare, M.Si, Asisten Bupati, staf Ahli Bupati, para pimpinan OPD Taput.

Kemudian Camat Tarutung, Kepala Desa, para lurah para veteran, tokoh agama, tokoh adat, kepala kantor instansi vertical , pimpinan BUMN dan BUMD, perwakilan organisasi, siswa siswi dari berbagai jenjang Pendidikan dan tamu undangan lainnya.

Sebanyak 45 orang Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih yang terdiri dari siswa-siswi terbaik dari berbagai sekolah di Kabupaten Tapanuli Utara berhasil mengibarkan bendera Merah Putih dengan sigap dan langkah tegap.

Kesempatan ini menjadi kali terakhir Bupati Nikson Nababan memimpin upacara kenegaraan sebagai Bupati Tapanuli Utara.

Dalam kesempatan ini saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh Masyarakat Tapanuli Utara yang telah memberikan dukungan dan Amanah kepada saya menjadi Bupati Tapanuli Utara selama 2 periode, terima kasih atas kesempatan saya bisa berkarya demi Tapanuli Utara selama hampir 10 tahun” ujar Bupati mengawali pidatonya.

Selanjutnya Bupati Nikson Nababan menyampaikan bahwa upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI yang dilaksanakan saat ini merupakan waktu yang tepat untuk mereview hal-hal yang telah diperbuat dalam mengisi kemerdekaan yang kita warisi bersama khususnya selama 9 tahun kepemimpinan Bupati Nikson Nababan di Kabupaten Tapanuli Utara. Beliau pun menjelaskan beberapa pencapaian yang telah berhasil diperbuat selama beliau menjadi Bupati.

“Perayaan HUT RI saat ini merupakan momen yang akan sangat berkesan bagi saya, dimana ini adalah yang kesepuluh kalinya saya berdiri disini menjadi inspektur upacara. Tidak terasa sudah 9 tahun kita semua telah bersama-sama berkarya memajukan Tapanuli Utara, bersama telah bebas dari pandemi Covid-19, bersama meraih keberhasilan dengan capaian yang nyata dan terukir antara lain inisiasi Pembangunan Bandara Internasional Silangit, Penghargaan Opini Wajar tanpa Pengecualian atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah yang ke 9 kali berturut-turut, fasilitas pengelolaan perhutanan social 10 masyarakat hukum adat dan Merdeka melalui listrik masuk desa sebanyak 1.586 KK serta program data desa presisi,” tambah Bupati.

Bupati Nikson Nababan menjelaskan bahwa Tema peringatan HUT RI yang ke -78 ini adalah “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju” tentu saja ada makna yang tersirat dalam tema yang dimaksud, dimana tema tersebut merupakan representasi atas pencapaian yang telah diraih menjadikan posisi Indonesia menguntungkan dalam gerak Pembangunan.

“Bagi Tapanuli Utara sendiri tema tersebut sangat relevan di mana dengan berbagai hal yang telah kita capai Kabupaten Tapanuli Utara berada pada posisi yang menguntungkan dalam melanjutkan Pembangunan dimana kita tidak boleh berhenti melanjutkan Pembangunan dengan semangat “estafet” dan semangat untuk melanjutkan segala capaian, segala kemajuan yang telah kita raih sebelumnya.

Yang terakhir saya mau sampaikan bahwa pada akhir periode kepemimpinan saya di Kabupaten Tapanuli Utara tahun 2022 hingga semester 1 tahun 2023, pencapaian indeks kepuasan Masyarakat berada pada nilai rata-rata 87.50 atau kategori baik. Segala hal yang kami sampaikan pada kesempatan ini, bukan hanya sekedar angkat, tapi merupakan bentuk tekad perubahan yang membutuhkan dukungan dari seluruh elemen mayarakat untuk mewujudkan Kabupaten Tapanuli Utara yang lebih Makmur dan Sejahtera,” tutup Bupati Nikson Nababan.

Secara simbolis, Bupati Nikson Nababan selaku Inspektur Upacara menyerahkan Satyalancana Karya Satya kepada aparatur sipil negara (ASN) yang telah berbakti selama 10, 20, dan 30 tahun.

Bupati Nikson juga menyerahkan secara simbolik 458 bantuan alsintan dan akte notaris kepada 393 kelompok tani, memberikan bantuan kepada tiga kelompok UMKM berupa alat-alat, dan beberapa piagam penghargaan kepada insan-insan berprestasi.

Setelah upacara Bupati Nikson Nababan pimpin Upacara HUT RI ke 78 di Lapas Kelas ll Siborongborong. Ed