Bireuen raih juara 1 cabang tauhid putra pada MQK ke-3 Aceh Tahun 2023

Lainnya108 views

MabesNews.com l Musabaqah qiraatul kutub ke-3 Aceh yang digelar di Aula Hotel Grand Syariah lamdom Banda Aceh sejak tanggal 21-23 Juni 2023 secara resmi ditutup Pj.Gubernur Aceh Ahmad Marzuki Jumat tgl.23 Juni 2023.

Ahamad Marzuki dalam sambutannya menyampaikan bahwa santri di Aceh harus hebat dan ikut serta dalam pembangunan utk kesejahteraan rakyat dengan mengamalkan syariat Islam secara holistik. Santri Dayah harus juga menjaga eksitensinya dalam membaca, memahami, mensyarahkan dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu kafilah Kabupaten Bireuen berhasil meraih juara 1 cabang Tauhid putra pada MQK Aceh ke-3 atas nama Irfan Halim.

Selain juara 1, Kafilah MQK Kabupaten Bireuen juga meraih juara 3 cabang Nahw putra atas nama Najmul Hadi, Juara 3 Cabang Akhlaq Putra atas nama Ahmad Hambali dan juara harapan 3 cabang Ushul fiqh putra atas nama Wahrul Walidin.

Disamping itu Kafilah MQK Kabupaten Bireuen juga mendapat apresiasi masuk peringkat 5 besar dalam urutan kejuaraan MQK Aceh ke-3 Tahun 2023 ini dengan memperoleh akumulasi nilai sebesar 20 point.

Bapak Pj.Bupati Bireuen Aulia sofyan menyampai Alhamdulillah Bireuen mendapat beberapa orang juara dalam MQK ke-3 Aceh, Kita apresiasi upaya dan usaha dari peserta yang dibina oleh Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Bireuen.

Banyak kafilah MQK Aceh tahun 2021 yang lalu yg masuk 5 besar, namun tahun 2023 ini keluar dari zona tersebut, namun Kafilah MQK Kabupaten Bireuen masih bisa mempertahankannya, itu kami apresiasi kepada semua pihak yg ikut berpartisipasi.

Untuk para juara mendapatkan piala dan biaya pembinaan dari Dinas pendidikan Dayah Aceh, juara 1 mendapat 12 juta rupiah, juara 2 Rp.10 juta, juara 3 Rp.8 juta, juara harapan 1 Rp.6 juta, harapan 2 Rp.5 juta, dan juara harapan 3 Rp.4 Juta.

Mereja yang mendapat juara 1 akan mewakili Aceh dalam even MQK Nasional yang akan dilaksanakan di lamongan jawa timur tanggal 10-18 Juli 2023 dan semoga mereja bisa mengharumkan negeri serambi mekkah. Kabupaten Bireuen mendapat 4 orang peserta yang bergabung dgn peserta lainnya.(Jufliwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *