Acara Pelaksanaan Pesta Perkawinan di Hotel Fajar Bireuen

Pemerintah265 views

 

Mabesnews.com|Bireuen, Aceh – Prosesi pelaksanaan Pesta Perkawinan ( Pegantin Dara Baro Misbahul Jannah.S.Kep.Mm.Putri dari Bapak Dr.Hamdani. S.Pd.M.Pd. Putri dari Ibu Raudah.S.Pd.) ( Pengantin Linto Baro Teuku Arisyi Dhaivina. A.Md T. Putra Dari Bapak. T.Edi Mulia. S.sos. M.Si.Putra dari Ibu Nurhayati.S.Km.) Para Tamu Undanggang yang hadir lebih kurang sekitar (5000) Lima Ribu orang luar biasa tamu yang hadir di tempat acara ini.

Sabtu (04/3/2023) mengikuti prosesi pesta acara di desa Pulo Ara, Acara bertempat di Hotel Fajar Bireuen. ( Pengantin Dara Baro dari Bapak Dr.Hamdani S.Pd. M.Pd. Ibu dari Dara baro Ibu Raudah. S.Pd. ) dilaksanakan di Hotel Fajar Bireuen, Kecamatan Kota Juang Kabupten Bireuen. sesuai resam budaya Aceh yang tengah dikembangkan di Aceh.

 

Begitupun dengan budaya pernikahan seperti prosesi adat dan budaya tentunya harus kita kembangkan budaya kita sendiri di Aceh, seperti Seumapa ( berbalas pantun bahasa Aceh ).

Tahapan penyambutan acara ini luar biasa, pengantar rombongan (Linto Baro dari Bapak T.Edi Mulia.S.sos.M.Si.

Ibu dari Linto Baro Ibu Nurhayati.S.Km ) tiba dalam rombongan diterima dengan baik dan dilanjutkan acara penukaran payung dan Batee Ranub (sirih ) disambut oleh Ibu Keuchik dengan acara ” Seumapa” ( Berbalas pantun bahasa Aceh ) yang dilanjutkan penyambutan Keuchik kedua desa bersama Peutuha Tuha Peut dengan senang hati menyambut acara penyerahan kedua belah pihak dan penerimaan dengan senang hati di acara ini,

 

prosesi acara ini berfoto dengan pengantin pihak keluarga perempuan maupun laki – laki mulai keluarga semua rekan,sahabat secara bergiliran .

 

Barulah yang terakhir prosesi pelaksanaan ” Peut Campli’ ( petik cabai ) sebagai upaya memperkenal kan keluarga Dara Baro kepada Linto Baro yang diawali dengan Ibu dan Ayah beserta dilanjutkan dengan para keluarga.

 

(Abdi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *