Abdullah Puteh Resmi Dilantik Jadi Presidium Majelis Nasional KAHMI

Pemerintah168 views

 

MabesNews.com | Jakarta – Dr Ir H Abdullah Puteh MSi, mantan gubernur Aceh yang kini menjabat Wakil Ketua Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, resmi dilantik sebagai Presidium Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MN-KAHMI) untuk masa bakti 2022-2007 pada, Senin, (27/03/2023) di Gedung Jakarta Convention Centre (JCC), kata Tarmizi Age akrab disapa AL Mukarram salah seorang warga Aceh di Jakarta yang ikut menghadirinya.

Dari sembilan orang Majelis Nasional KAHMI yang dilantik itu, salah satunya adalah Dr Ir H Abdullah Puteh MSi, yang juga pernah menjabat sebagai ketua umum HMI Cabang Bandung merupakan satu-satunya putra Aceh yang lolos dan terpilih menjadi Anggota Presidium Majelis Nasional KAHMI bersama delapan orang lainnya.

 

Mereka adalah Ahmad Doli Kurniawan (Anggota DPR RI dari Partai Golkar).

Ahmad Yohan (Anggota DPR RI dari Partai PAN), Herman Khaeron Anggota DPR RI dari Partai Demokrat, Saan Mustopa Anggota DPR RI dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem), M. Rifqinizamy Karsayuda merupakan Anggota DPR RI dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Romo HR Muhammad Syafii, Anggota DPR RI dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Zulfikar Arse Sadikin, juga Anggota DPR RI dari Partai Golkar dan Sutomo, satu-satunya pengusaha yang terpilih sebagai Presidium Majelis Nasional KAHMI 2022-2027.

 

Selain anggota legislatif dan pengusaha, satu-satunya Presidium Majelis Nasional KAHMI yang terpilih dari kalangan DPD RI hanyalah Dr. Abdullah Puteh. Ia juga merupakan satu-satunya anggota presidium yang berasal dari Aceh, mewakili wilayah Sumatra.

 

Perlu diketahui, Keterlibatan Abdullah Puteh di HMI sudah sangat lama, saat merantau dari Aceh ke Bandung, Jawa Barat, untuk kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB), Abdullah Puteh sudah bergabung sebagai kader HMI.

 

Jika dilihat dari rekam jejak, kiprah Abdullah Puteh di HMI, Ia pernah dipercaya sabagai Ketua Umum HMI Cabang Bandung (1970-1971). Kemudian ditingkat Pengurus Besar (PB) HMI pun Puteh pernah berkiprah. Masing-masing sebagai Ketua Biro Kaderisasi PB HMI (1971-1973) dan Anggota Majelis Pekerja Kongres PB HMI (1973-1975).

 

Abdullah Puteh yang lahir 4 Juli 1948 pernah menjabat Kepala Dinas PU Aceh Timur (1974-1979), Ketua KNPI Aceh Timur (1974-1978), dan Ketua Departemen Wisata Pemuda DPP KAPPI.

 

Puteh juga pernah menjabat Ketua Departemen Koperasi dan Wiraswasta DPP AMPI (1979), Ketua Gema MKGR DKI Jaya (1979), Anggota MPR/DPR RI (1979-1984), dan Ketua Umum DPP KNPI (1984-1987).

 

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (Apjati) 1996-1999 ini pernah pula menjabat Wakil Sekjen Golkar, Gubernur Provinsi Nangroe Aceh Darussalam 2000-2004, dan kini Anggota DPD RI asal Aceh.

 

Kabarnya Abdullah Puteh juga maju lagi sebagai calon senator dari Aceh pada Pemilu 2024. Namanya sudah lolos verifikasi faktual tahap II.

Adapun dalam prosesi pelantikan tersebut juga turut dihadiri oleh Akbar tanjung.

 

(Abdi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *