Sambangi Jukir, Satsamapta Polresta Palangka Ryaa Imbau Waspada Kriminalitas dan Premanisme

MabesNews.com, Polresta Palangka Raya – Upaya untuk mencegah terjadinya tindak kriminalitas dan premanisme merupakan salah satu upaya yang terus dilakukan oleh Polresta Palangka Raya, Polda Kalteng pada wilayah hukumnya.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Satsamapta saat melakukan patroli motor dan menyambangi wisata kuliner di bawah Jembatan Kahayan Jalan S. Parman, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Selasa (15/8/2023) mulai pukul 13.00 WIB.

Berpatroli dan menyambangi kawasan tersebut, personel Satsamapta, Bripda Iqbal dan Bripda Friendky pun menyambangi juru parkir (jukir) di sana dan mengimbau agar mewaspadai terjadinya tindak kriminalitas dan premanisme.

“Selalu waspada dan berhati-hati saat bertugas sebagai juru parkir, terutama terhadap potensi tindak kriminalitas dan premanisme, diantaranya seperti curanmor, pencurian barang bawaan, kekerasan hingga pungutan liar oleh aksi premanisme,” imbaunya.

Sejumlah langkah beserta tindakan yang perlu dilakukan apabila suatu saat melihat, menemukan atau bahkan mengalami tindak kriminal maupun premanisme pun disampaikan oleh Bripda Iqbal kepada para jukir.

“Yang pertama dilakukan yakni utamakan selamatan jiwa baik itu diri sendiri maupun orang lain yang menjadi korban tindak kejahatan tersebut, serta jangan ragu untuk meminta pertolongan kepada orang-orang disekitar,” tuturnya.

“Kemudian segera laporkan peristiwa tersebut kepada pelayanan kepolisian terdekat atau dapat juga melalui Call Center SPKT Presisi Polresta Palangka Raya di nomor telepon 08115207110, yang akan aktif selama 24 jam,” pungkasnya. (Bony)