Pesta Perkawinan Sesuai Adat Aceh di Bireuen

Pemerintah252 views

MabesNews.Com | Bireuen — Aceh Pesta Perkawinan dalam acara Preh linto baro Rabial Julil Azmi,S.P Dari Abdya ( antar dan penantian di Desa Geudong Geudong Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen.Dara Baro Gea Pratama Putri,S.e. Anak dari Joni Wanto. Ibu dari Dara Baro Nora Nurfanti. mengikuti adat istiadat Aceh. Sabtu, (24/12/2022).

Mengawali dengan derap langkah sesuai tahapan sesudah Acara Penikahan bertempat di Rumah Dara Baro di Desa Geudong Geudong Bireuen Sabtu (24/12/2022) dilaksanakan prosesi pernikahan (pesta).

Untuk pelaksanaan pesta dilaksanakan di Desa Geudog Geudong Bireuen” membuat kebudayaan Aceh terus berkembang.

Begitupun dengan budaya pernikahan seperti prosesi adat dan budaya tentunya memperkaya kebudayaan Aceh .

Luar biasa sebaik pengantar rombongan linto Baro tiba dalam rombongan diterima dengan penukaran payung dan disambut dengan acara ” SEUMAPA ” ( Berbalas pantun )

Setelah usai penyambutan Keuchik kedua desa bersama Peutuha Tuha Peut mengadakan acara penyerahan dan penerimaan.

Prosesi pernikahan Adat Aceh masyarakat Aceh masa lampau, namun dengan perkembangan zaman, sebagian mulai ditinggalkan.

Seusai prosesi acara penyerahan dan penerimaan kebebasan berfoto dengan pengantin pihak keluarga perempuan dan laki–laki mulai keluarga ini dan semua rekan,sahabat secara bergiliran .

Barulah yang terakhir prosesi pelaksanaan ” Peut Campli ‘ ( petik cabai ) sebagai upaya memperkenal kelauga Dara Baro kepada Linto Baro yang diawali dengan Ibu dan Ayah dilanjutkan dengan yang lainnya.

(Abdi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *