Personel Polresta Amankan Aksi Unjuk Rasa Secara Humanis Oleh Koalisi Rakyat Sulawesi Utara Peduli Captikus 

Pemerintah85 views

MabesNews.Com

Humas Polresta Manado – Personel Polresta Manado melakukan pengamanan secara humanis terhadap aksi unjuk rasa (Unras) oleh Koalisi Rakyat Sulut peduli Captikus yang dipimpin oleh Kordinator Koalisi Sdr. Yosia Raintung, diikuti oleh sekira 20 orang massa aksi yang diantaranya berasal dari Organisasi Kemahasiswaan (GMNI Sulut, LMND Sulut, GMKI Manado), Senin (20/03/2023).

Pukul 12:30 Wita Massa aksi berkumpul di lokasi student center GMKI Manado Kelurahan Kleak Kecamatan Malalayang Kota Manado, Setelah massa sudah terkumpul langsung menuju ke lokasi dan melakukan orasi.

Beberapa tuntutan massa menyampaikan aspirasi petani dengan isi seperti,

Hentikan Kriminalisasi terhadap Petani Captikus yang disertai pemerasan dan penyitaan hasil produksi captikus secara sepihak, Mendesak Kapolda untuk mengeluarkan Surat Edaran untuk mengarahkan para jajaran untuk tidak menghalangi proses pendistribusian Captikus.

Meminta Komitmen yang nyata dari Polda Sulut untuk berpihak kepada petani Captikus skala kecil dari pada berpihak pada Korporasi yang memproduksi Captikus skala besar.

Menuntut DPRD SULUT dan Pemprov SULUT untuk segera merampungkan Pembahasan Ranperda Captikus.

Mendesak kepada DPRD Sulut dan Pemprov Sulut untuk secara transparan menyampaikan kepada publik hasil pembahasan Perda Captikus.

Meminta Komitmen yang nyata dari DPRD Sulut untuk berpihak kepada petani Captikus skala kecil dari pada berpihak pada Korporasi yang memproduksi Captikus skala besar.

Setelah mendengar keluhan dari massa Bapak Melky Pangemanan selaku komisi 1 DPRD Sulawesi Utara menanggapi dan memberi tanggapan, Secara kelembagaan kami apresisasi namun aspirasi ini tidak ada pemberitahuan kepada kami, silakan ajukan secara formil untuk kita duduk di dalam gedung dalam pembahasan dan Untuk ditetapkannya Perda perlu Kajian material dan formil dengan melibatkan partispasi publik sudah dilakukan oleh badan pembentukan Perda selanjutnya ke tahap seterusnya hingga ke Kementerian Dalam Negeri.

Kapolresta Manado Kombes Pol Julianto Sirait mengatakan, Dalam pengamanan aksi unjuk rasa tersebut personel Polresta Manado melakukan pendekatan secara humanis mengedepankan pendekatan-pendekatan sesuai dengan yang tertuang dalam program, ngayomi dan dekat dengan masyarakat Kota Manado”, ujarnya.

 

Setelah selesai kegiatan unjuk rasa pukul 17:00 massa aksi membubarkan diri dengan aman dan tertib.

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed