Perkuat Kerukunan, Kodam Pattimura Gelar Sarasehan Moderasi Beragama

TNI245 views

MabesNews.Com | Ambon — Kodam XVI/ Pattimura menggelar kegiatan sarasehan moderasi beragama bertempat di Baileo Slamet Riyadi, Korem 151/ Binaiya, Selasa (20/12/2022).

Kegiatan yang bertajuk “Merajut Persatuan dan Kesatuan Bangsa Melalui Moderasi Beragama” ini dilakukan dalam rangka menciptakan kehidupan keagamaan yang rukun, harmonis, damai, serta keseimbangan, baik dalam kehidupan pribadi, keluarga, bermasyarakat, bernegara maupun kehidupan beragama. Moderasi beragama memiliki arti mengedepankan keseimbangan dalam hal keyakinan moral dan watak sebagai ekspresi sikap keagamaan individu atau kelompok tertentu di tengah keberagaman dan kebhinekaan fakta sosial.

Kegiatan ini dibuka oleh Kabintaljarahdam, Kolonel Inf Jocky Pesulima, mewakili Pangdam XVI/ Pattimura dengan dihadiri oleh para pemuka lintas agama kota Ambon dan personel Bintaljarahdam XVI/ Pattimura. Membacakan sambutan Pangdam, forum sebagai sarana untuk berkumpul membahas bagaimana agama menjadi bagian yang tidak terlepas dari kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Indonesia adalah negara yang mempunyai sejuta keberagaman dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika sebagai potensi kekayaan, namun juga berpotensi sebagai perpecahan. Maka diperlukan suatu moderasi beragama dalam konteks ke-Indonesiaan yang dapat dijadikan sebagai paradigma strategis untuk merawat Maluku dan Maluku Utara,” ujarnya.

“Sebagai negara yang melindungi kehidupan beragama tidak serta merta menjadikan Indonesia sebagai Negara Agama, yang mana sebagian atau seluruh konstitusinya disandarkan pada salah satu agama, namun lebih dari pada itu, konstitusi kita berada di atas kepentingan seluruh agama di Indonesia,”.

Lebih lanjut, Pangdam berharap kegiatan ini mampu mengembangkan pemikiran, ide dan gagasan dalam memahami keberagaman beragama, mempererat kerukunan dan kesatuan bangsa. “Maluku dan Maluku Utara mempunyai banyak perbedaan, namun lebih banyak lagi persamaan yang kita rasakan. Kita kedepankan persamaan dan saling memahami perbedaan,” tutup Pangdam.

Setelah mendengarkan sambutan, acara kemudian dilanjutkan pemberian materi dari MUI oleh Ketua MUI Maluku, Dr. Abdullah Latuapo, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku, H. Yamin, M.Pdi, Kabidkum Polda Maluku Kombes Pol Michael Lingga dan Kabintaljarahdam XVI/ Pattimura, Kolonel Inf Jocky Pesulima.

Sejumlah pejabat yang turut hadir diantaranya Wakabintaljarahdam XVI/ Pattimura, perwakilan Sinode, perwakilan Uskup Diosis Amboina, perwakilan Walubi, dan perwakilan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Maluku. *(Pendam16)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *