Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono, resmi menyerahkan tongkat kepemimpinan jabatan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) ke Laksamana TNI Muhammad Ali.

Pemerintah183 views

MabesNews.com- JAKARTA – Laksamana TNI Yudo Margono resmi melakukan serah terima jabatan (Sertijab) Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) dengan Laksamana TNI Muhammad Ali, Kamis (29/12/2022). Sertijab digelar sehari setelah Muhammad Ali dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi KSAL di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Dalam sertijab tersebut, Yudo Margono juga menyerahkan tongkat pimpinan KSAL kepada Laksamana Muhammad Ali. Yudo meninggalkan jabatan KSAL setelah dilantik menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang akan memasuki masa pensiun.

Berdasarkan pantauan awak media di lapangan, sertijab dimulai sekitar pukul 08.35 WIB di lapangan Trisila Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur.

“Laporan resmi serah terima jabatan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) saya terima,” kata Laksamana Yudo saat menerima laporan sertijab dari Laksamana Muhammad Ali usai penandatanganan berita acara sertijab KSAL, Kamis (29/12/2022).

Pengangkatan Laksamana Muhammad Ali sebagai KSAL ini berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 100/TNI Tahun 2022 tanggal 28 Desember 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Laut sekaligus menaikkan pangkatnya dari Laksamana Madya TNI menjadi Laksamana TNI.

Serah terima jabatan itu ditandai penyerahan bendera panji “Jalesveva Jayamahe” dari Margono kepada Ali. Kemudian, keduanya menandatangani naskah serah terima jabatan kepala staf TNI AL itu.
“Laporan resmi serah terima jabatan kepala staf Angkatan Laut saya terima,” kata Yudo saat menerima laporan sertijab dari Ali usai penandatanganan berita acara sertijab.

Ia mengatakan, serah terima jabatan itu mempertegas bahwa tugas, wewenang dan tanggung jawab pucuk pimpinan TNI AL diserahkan sepenuhnya kepada Ali.

“Sebenarnya kemarin sudah sah saat dilantik presiden, tapi lebih sah lagi karena sudah kita serahkan tugas wewenang dan tanggung jawab. Saya kira dengan tugas ini nanti sudah sah di Laksamana Ali,” kata Margono.Sehingga, dia akan bisa melakukan tugas pokoknya dengan fokus sebagai panglima TNI.

“Tentunya nanti kesempatan pertama akan kita tinjau yang kemarin sudah saya sampaikan, daerah daerah yang perlu mendapatkan perhatian khusus, beserta dengan tiga kepala staf angkatan karena sudah lengkap,” ujar Margono.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melantik Ali sebagai Kepala staf TNI AL di Istana Merdeka, Jakarta.Pelantikan itu berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 100/TNI Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan KSAL.

Ali yang sebelumnya menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I TNI telah menyerahkan jabatan itu kepada Panglima TNI pada Rabu (28/12). Sehingga, jabatan panglima Kogabwilhan I TNI saat ini kosong.

 

( Supriyadi,SH)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *