Masjid Jamik Al Munawwarah Teupian Murni Kec Gandapura Terus Perindah Diri

MabesNews.com, Gandapura-Masyarakat Desa Lapang Timur, Desa Teupin Siron dan Desa Ie Rhop Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen bersyukur atas rahmat Allah memiliki Masjid Jamik Al Munawwarah Teupian Murni.

Masjid yang dibangun sekitar tahun 1986 silam itu letaknya cukup strategis di pinggir Jalan Raya Banda Aceh- Medan terus memperindah diri sehingga banyak disinggahi warga yang melintasi jalan raya tersebut untuk menunaikan shalat 5 waktu.

Tak hanya itu, masjid yang pernah mengalami kerusakan berat akibat gempa dan tsunami Aceh 2004 lalu dibangun kembali pada 2006.Dana pembangunan masjid berarsitektur indah bagaikan Masjid Baiturrahman Banda Aceh itu atas swadaya masyarakat, infaq dan sedekah.

“Alhamdulillah, masjid berukuran 36 kali 34 meter persegi ini mampu menampung sekitar 1200 jemaah,” ucap Musawir Ibrahim, salah seorang pengurus Masjid Jamik Al Munawwarah Teupian Murni kepada media ini via telepon selular, Sabtu 5/8/2023.

Sekarang lanjut Musawir, meski sudah lama dibangun, namun ada bagian lantai batas suci sedang dalam pengerjaan termasuk cat.luar masjid. Bahkan masih banyak belum disempurnakan seperti pagar, paving block halaman masjid.

“Halaman masjid juga perlu ditimbun dan diperindah plus dekorasi taman. Termasuk penanaman pepohonan berdaun rindang di halaman bagi keteduhan parkir kendaraan. Penataan halaman perlahan tapi pasti.

Pengurus Masjid Jamik Al Munawwarah tentu memohon uluran tangan pemerintah daerah maupun infaq dan sedekah jemaah maupun masyarakat pada umumnya.

“Dalam surat An Nisa ayat 114 Allah berfirman yang artinya, ” Tidak ada kebaikan dari banyak pembicaraan rahasia mereka, kecuali pembicaraan rahasia dari orang yang menyuruh (orang) bersedekah, atau berbuat kebaikan, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Barangsiapa berbuat demikian karena mencari keridaan Allah, maka kelak Kami akan memberinya pahala yang besar,” kata Musawir Ibrahim yang mengutip ayat suci Al Quranul karim.

Seorang khatib Shalat Jumat di Masjid Jamik Al Munawwarah dalam khutbahnya pekan lalu menebutkan Rasulullah SAW pernah bersabda “Bersegeralah untuk bersedekah. Karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah.” Rasulullah SAW juga bersabda “Sedekah itu menutup tujuh puluh pintu kejahatan.”

Sementara itu beberapa pengurus Masjid Jamik Al Munawwarah Teupian Murni yang ditanya media ini mengaku masjid ini belum terbentuk Badan Kemakmuran Masjid (BKM) seperti halnya di masjid lain pada umumnya.

“Padahal keberadaan pengurus BKM di sebuah masjid sangat penting untuk mencapai kemakmuran masjid bersangkutan. Padahal BKM bertujuan meningkatkan kesejahteraan masjid atas dasar taqwa, melalui peningkatan manajemen (idarah), kemakmuran (imarah) dan pemeliharaan..Kita harapkan pengurus BKM Majid.Jamik Al.Munawwarah Teupian Murni segera terbentuk,” pinta salah seorang jemaah.(bachtiar adamy)