Ketua DPRK Bireuen Minta DPR-RI Perjuangkan Dana Otsus Aceh

Pemerintah155 views

 

MABESNEWS.COM|Bireuen. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Bireuen.(DPRK) Bireuen, Rusyidi Mukhtar, S.Sos pada pembukaan kuliah umum di ACC Ampoen Chiek Peusangan, Kampus Umuslim, Jumat 24 Februari 2023

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Bireuen, Rusyidi Mukhtar meminta Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) asal Aceh untuk mempertahankan Dana Otonomi Khusus (Otsus).

Menurutnya, Dana Otsus tahun 2023, seperti di Kabupaten Bireuen hanya dapat 1 persen dan tahun berikutnya terus berkurang, hinga tahun 2027 nol atau tidak ada lagi anggaran untuk Aceh.

“Kepada anggota DPR Illiza Sa’aduddin Djamal, kami mohon untuk benar-benar dapat diperjuangkan Dana Otsus Aceh, saat ini tinggal 1 persen dan 2027 sudah nol,” kata Ketua DPRK Bireuen, Rusyidi Mukhtar.

Hal itu disampaikan Rusyidi, juga selaku Ketua Pembina Yayasan Almuslim Peusangan dalam acara pembukaan kuliah umum menghadirkan Illiza Sa’aduddin Djamal, Anggota Komisi X DPR, di ACC Ampoen Chiek Peusangan, Kampus Umuslim, Jumat 24 Februari 2023.

Kata Rusyidi, sekarang ini anggaran Otsus tinggal 1 persen, dibandingkan dengan tahun 2022 Bireuen memperoleh Rp105 milyar. tahun 2023 Rp 57 milyar, itu Rp 20 milyar dugunakan untuk Jaminan Kesehatan Aceh (JKA), tinggal Rp37 milyar lagi.

Pada tahun 2024 sampai 2026 terus berkurang karena dibagi dua, dan pada tahun 2027 Aceh sudah nol atau tidak ada lagi memperoleh dana Otsus.

Selain itu juga berharap agar Illiza selaku anggota DPR-RI, benar – benar mempelajari revisi Undang-Undang Pemerintah Aceh, baru dapat disetujui apabila hasilnya ada berpihak kepada masyarakat Aceh.

(Abdi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *