Kecamatan Makmur Dikukuhkan Kampung Siaga Bencana

Pemerintah177 views

MabesNews.com. Bireuen, Kelompok dan Pengurus Kampung Siaga Bencana (KSB) Kecamatan Makmur, Kabupaten Bireuen resmi dikukuhkan oleh Pj Bupati Bireuen Aulia Sofyan Phd, yang diwakili Sekda Kabupaten Bireuen, Ir Ibrahim M Si di lapangan bola kaki Ulee Gle, Jum’at (17/3/2023).

 

Pengukuhan tersebut dilakukan saat apel dan simulasi kampung siaga bencana dalam rangka kesiapsiagaan dan mitigasi bencana secara prefentif dari 19 desa di Kecamatan Makmur agar diwaspadai sejak dini akan terjadi bencana alam.

 

Acara Pengukuhan kampung siaga bencana dihadiri Analis Bencana Direktorat Perlindungan Sosial Kemensos RI Dr Arif Affandi Darmawan M.Sc, Unsur Forkapimda, Kepala SKPK, Kepala Satpol PP, Pemadam Kebakaran, Muspika Makmut,PMI, BPBD, Tagana, Pos SAR, TKSK, Kepala Desa, dari instansi terkait, kelompok Kampung Siaga Bencana.

 

Sekda  Bireuen, Ir Ibrahim Ahmad, M.Si minta kepada Kelompok Petugas kampung siaga bencana agar sungguh sungguh menjaga bisa mencegah akan terjadi bencana. Misal bila musim hujan akan terjadi banjir, angin kencang bisa roboh dan tumbang kayu, ketika bepergian dari rumah perhatikan listrik dan matikan kompor. Dan lain sebagainnya. Harapan Sekda bahwa kita tidak berharap terjadi bencana apapun yang menimpa penduduk dan warga yang menelan korban jiwa dan harta benda.

 

Selesai apel siaga Sekda Ir Ibrahim Ahmad M.Si dan undangan meninjau lokasi gardu sosial, lumbung sosial, tempat pengungsian di pinggir lapangan yang telah dibuat sebagai mitigasi dan simulasi dari peserta setiap kelompok dan berbagai bentuk bencana yang mungkin terjadi.

 

Kampung Siaga Bencana agar bisa kompak bekerjasama dalam penanganan bencana, bangun semangat kekeluargaan dan bekerja tanpa pamrih demi menyelamatkan jiwa dan harta benda yang merupakan milik bersama. Karena kita adalah keluarga dan saudara sekampung. Kegiatan apel siaga dirangkai penyerahan bantuan Kementerian Sosial RI dalam rangka kesiapsiagaan dan mitigasi Lumbung Sosial dari Kementerian Sosial yang diserahkan oleh Plt. Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Adrinus Alla diwakili oleh Analis Bencana Direktoran Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos RI Dr Arif Afandi Darnawan M Sc berupa uang tunai senilai Rp. 71.821.120 dan diterima Sekda Ibrahim dan diteruskan kepada kelompok Kampung Siaga Bencana.

 

Pada apel tersebut Camat Makmur Mukhsen S Ag membacakan pernyataan sikap siaga bencana bahwa Kecamatan Makmur siap siaga bekerja sungguh sungguh dan sangat peduli agar bisa mencegah sejak dini terhadap berbagai bencana musibah yang menimpa penduduk dan warga masyarakat yang dapat menelan korban jiwa dan kerugian harta benda. ( Faiz )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *