Kapolda Sertijab Lima PJU dan Lantik Dirlantas Polda Maluku

Polri268 views

MabesNews.Com | POLDAMALUKU — Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, SH., M.Hum, melakukan Serah Terima Jabatan (sertijab) lima Pejabat Utama dan melantik Direktur Lalu Lintas Polda Maluku.

Sertijab dan pelantikan tersebut dilangsungkan di gedung Sport Center Polda Maluku, Tantui, Kota Ambon, Jumat (6/1/2023).

Para pejabat yang disertijab yaitu Direktur Intelkam, Direktur Polair, Kabid Keuangan, Kabid Propam, dan Kabid TIK.

Hadir dalam kegiatan itu yakni Wakapolda Maluku Brigjen Pol Drs. Jan de Fretes, M.M, Irwasda Maluku, para PJU Polda Maluku, Ketua Bhayangkari Daerah Maluku dan pengurus.

Kapolda Maluku Lotharia Latif dalam sambutannya mengatakan, sertijab merupakan kegiatan yang biasa dan rutin digelar dalam pelaksanaan tugas.

“Kegiatan ini biasa kita lakukan dalam pembinaan karir di lingkungan Polri,” katanya.

Irjen Latif mengatakan rotasi jabatan merupakan suatu tugas dan amanah yang diberikan pimpinan untuk dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

“Sebagai anggota Polri kita semua siap untuk menerima perintah melaksanakan perintah itu dengan sebaik-baiknya dan tentu pada waktunya kita akan menyerahkan tugas tanggung jawab dan jabatan kita kepada orang lain sesuai dengan pembinaan karir di lingkungan Polri,” jelasnya.

Irjen Latif mengungkapkan, Polda Maluku memiliki karakteristik tersendiri. Terdapat 11 Polres dan secara umum kejahatan kejahatan konvensional masih mendominasi. Olehnya itu, tambah dia, rotasi dan mutasi pejabat utama ini dilakukan untuk mengantisipasi dan meningkatkan pelayanan, perlindungan dan pengayoman terhadap masyarakat. Juga untuk menegakkan hukum.

“Saya mengucapkan selamat datang kepada pejabat baru yang akan melaksanakan tugas di Polda Maluku ini,” ucapnya.

Kapolda mengajak semua personel untuk selalu mensyukuri apa yang diterima atau diberikan amanah dari Kapolri. “Laksanakan amanah dengan sebaik baiknya dengan rasa tanggung jawab,” pintanya.

Irjen Latif meminta para pejabat baru agar dapat segera beradaptasi dengan lingkungan atau tempat tugas yang baru saat ini.

“Segera memetakan kerawanan yang ada di Maluku dan sesuaikan dengan tupoksi serta kewenangannya masing-masing. Tentu para pejabat utama ini bukan perwira Polri yang baru dilantik, sudah punya jam terbang yang tinggi, punya asam garam di dalam tugas di lapangan,” ujarnya.

“Saya yakin pimpinan memilih rekan-rekan sekalian menjadi pejabat utama dilingkungan polda tentu berdasarkan pertimbangan-pertimbangan masukan dan penilaian secara kinerja,” tambahnya.

Kepada para pejabat yang baru, Irjen Latif menyampaikan selamat datang dan bergabung bersama istri selaku anggota Bhayangkari di Polda Maluku.

Untuk pejabat lama, Irjen Latif juga menyampaikan terima kasih atas seluruh dedikasi, loyalitas dan integritas yang telah diberikan selama ini.

“Saya merasakan kerjasama yang begitu baik selama ini, sehingga capaian tugas Polda Maluku selama ini dapat berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan, program Presisi Kapolri semua kita laksanakan dengan baik dan kita juga termasuk Polda yang saat ini diperhitungkan, kita diperingkat 9 di dalam kegiatan quick wins akhir tahun yang dirilis oleh Mabes Polri paling tidak kita masih di 10 besar dan menurut survey kita masih terbaik,” pungkasnya.

Untuk diketahui, lima pejabat Polda Maluku yang disertijab yaitu Direktur Intelkam Kombes Pol Rali Muskitta dimutasikan sebagai Analis Utama TK.III Ronalis Baintelkam Polri. Penggantinya Kombes Pol I Gede Arsana SH., S.Ik yang sebelumnya menjabat Analis Utama TK.III Ronalis Baintelkam Polri.

Direktur Polairud Kombes Pol Harun Rosyid S.Ik dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Polair Baharkam Polri. Ia digantikan oleh AKBP Handoyo Santoso S.Ik, M.Si yang sebelumnya menjabat sebagai Wadir Polairud Polda Kalimantan Tengah.

Kabid Propam Polda Maluku Kombes Pol Mohamad Syaripudin dimutasikan sebagai Kabagbinpam Ropaminal Divpropam Polri. Penggantinya AKBP Nugroho Agus Setiawan S.Ik, M.H yang sebelumnya menjabat Wadirreskrimsus Polda Kepulauan Riau.

Kabid Keuangan Kombes Pol Ignasius Jaya Misa, SE, dimutasi dalam jabatan yang sama di Polda Nusa Tenggara Barat (NTB). Penggantinya yaitu Kombes Pol Rizki Nugroho, M.M.Tr yang sebelumnya menjabat Kabid Keuangan di Polda Kepulauan Bangka Belitung.

Kabid TIK Kombes Pol Gusti Indra Tjahjadi dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Kom Div TIK Polri. Ia digantikan oleh Kombes Pol Hery Marwanto S.H yang sebelumnya menjabat Pengembang Teknologi Informasi Kepolisian Madya TK III Div TIK Polri.

Sementara yang dilantik sebagai Direktur Lalu Lintas Polda Maluku yaitu AKBP Rusdy Pramana Suryanagara S.Ik. Ia sebelumnya menjabat Wadir Lantas Polda Metro Jaya. Rusdy menggantikan Kombes Pol Agus Krisdayanto yang telah memasuki masa pensiun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *