Jalani Visitasi Dari Kemenkes RI Untuk RSUD Sultan Dg Radja Bulukumba

Lainnya62 views

photo:(istimewah) RSUD Sultan Dg Radja Bulukumba Jalani Vasitasi Dari Kemenkes RI

MabesNews.COM, Bulukumba, Dalam rangka mewujudkan peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara maksimal untuk penderita gagal ginjal yang membutuhkan layanan cuci darah di wilayah Kabupaten Bulukumba, RSUD H.A.Sulthan Dg Radja Bulukumba melaksanakan kegiatan visitasi layanan dialisis secara virtual untuk perijinan operasional Instalasi Hemodialisis.

Untuk mendapatkan perizinan penyelenggaraan pelayanan dialisis yang efektif yang Berbasis Risiko Sektor Kesehatan perlu dilakukan penilaian kesesuaian terhadap pemenuhan standar sesuai acuan Permenkes terkini melalui proses verifikasi administrasi dan pengecekan lapangan.

Kegiatan visitasi dilaksanakan melalui layanan media on-line zoom meeting, Selasa (25/7/ 2023) oleh Kementerian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Koordinator Wilayah Pernefri (Perhimpunan Nefrologi Indonesia) Korwil Sulawesi Selatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Bulukumba Dimulai pukul 9.30. Wita, kegiatan dibagi dua tempat yaitu diruang pertemuan lantai 3 (verifikasi dokumen) dan pelayanan Instalasi Hemodialisis dan Tempat pembuangan limba (verifikasi lapangan).

Kegiatan diawali sambutan direktur RSUD H.A.Sulthan Dg Radja Bulukumba dr.H.Rizal Ridwan Dappi,Sp.OG(k) M.Kes, Sambutan tim visitasi dan paparan singkat profil penyelenggaraan pelayanan dialisi. Dilanjutkan dengan telusur kelengkapan dokumen dan telusur lapangan.

Direktur RSUD Bulukumba dalam sambutannya menyampaikan bahwa “RSUD H.A.Sulthan Dg Radja Bulukumba merupakan rumah sakit Tipe B dan merupakan rumah sakit rujukan di wilayah Sulawesi Selatan bagian Selatan, Instalasi Hemodialisis sudah beroperasi sejak tahun 2017 dengan 8 unit fasilitas dan saat ini juga melayani masyarakat di luar wilayah Kab Bulukumba seperti Kab.Jeneponto,Kab Bantaeng,Kab Selayar dan Kab Sinjai.”ungkap dr Rizal Ridwan Dappi

Sementara di ruang pelayanan hemodialisa, tim visitasi melaksanakan telusur lapangan via zoom terhadap kelengkapan fasilitas layanan dialisis sesuai standar yang telah ditetapkan.

 

Terkait adanya kekurangan pemenuhan dokumen maupun sarana prasana serta tata kelola pelayanan dialisis yang dijumpai dalam proses telusur belum sesuai yang diharapkan, dr.Rizal Ridwan Dappi menyatakan siap bersegera melengkapi pemenuhan atas rekomendasi dari tim visitasi tersebut, tuturnya.”

Tajuddin