Babinsa Posramil Jeumpa Bantu Warga Tanam Bibit Kelapa

TNI247 views

MabesNews.Com |Bireuen, Aceh — Serka Yuli Putra, Babinsa Posramil Jeumpa Kodim 0111/Bireuen melaksanakan Gotong Royong bersama Warga masyarakat Menanam Bibit Pohon Kelapa di Pinggir Pantai untuk Mencegah Abrasi di Desa Kuala Jeumpa, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen, Kamis (29/12/2022).

Pelaksanaan kegiatan penanaman pohon kelapa. Dalam tugasnya sebagai Babinsa Serka Yuli Putra bersama Desa dan warga desa kuala melaksanakan kegiatan penanaman pohon kelapa di pinggir pantai yang membentang disepanjang desa Kuala. Penanaman pohon kelapa ini disamping suatu perintah dari Komando atas juga sebagai wujud dari pencegahan abrasi pantai sekaligus mengamankan lingkungan dari bahaya tanah longsor dan erosi karena aliran air laut sangat deras terutama pada saat pasang sekarang ini.

Baca Juga : Babinsa Posramil Peusangan Selatan Komsos Bersama Warga Bahas Menjaga Kesehatan Di Musim Penghujan

Babinsa juga mengatakan pohon kelapa merupakan pohon serba guna bagi masyarakat, Bagian-bagian dari pohon kelapa banyak dimanfaatkan oleh orang. Akar dari pohon kelapa yang menjalar sampai radius beberapa meter dapat untuk memperkuat kondisi tanah yang labil terutama di wilayah lereng gunung dan bantaran sungai.

Kayu batangnya yang relatif lurus sering digunakan orang sebagai papan untuk rumah pada bagian atap. Daun yang sudah dikeringkan dapat dimanfatkan untuk atap rumah. Daun yang masih muda (Janur yng masih kuning) sering dipergunakan oleh masyarakat Jawa dalam acara-acara Tradisi, dan juga dapat dibentuk menjadi kerajinan tangan. Tangkai daun (Lidi) dapat dimanfaatkan untuk membuat sapu.

(Abdi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *