Warga Tuban Antusias Ikuti Pesta Rakyat Gelar Tumpengan Bersama Mas Lindra.

MabesNews.com, Tuban – Masyarakat kabupaten Tuban dari berbagai kecamatan memenuhi Alun-alun Tuban untuk mengikuti Pesta Rakyat dan Tumpengan bareng Mas Lindra, Pada Kamis malam (17/08/2023)

Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka HUT ke-78 RI itu diramaikan dengan Festival Jajanan Pasar dan Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal.

Pada kesempatan ini, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE., didampingi Kapolres Tuban, AKBP Suryono dan Kepala Bank Jatim Tuban, Suyatno menyanyikan sejumlah lagu. Acara kian semarak saat grup musik Letto Band menyanyikan lagu-lagu andalannya menemani masyarakat yang menyantap tumpeng yang disediakan.

Grup Band yang digawangi Noe dan Kawan-kawannya ini berhasil menghipnotis masyarakat yang hadir dengan tembang-tembang andalannya seperti ruang rindu, sandaran hati dan sebelum cahaya.

Mas Lindra sapaan Bupati Tuban mengatakan acara ini sebagai bentuk perayaan atas ulang tahun kemerdekaan Negara Republik Indonesia ke-78 tahun. Sebagai warga negara, sudah sepatutnya mengucap syukur dan ikut bergembira atas momen ini. “Saya menyampaikan terima kasih atas dukungan dari seluruh masyarakat kabupaten Tuban selama ini,” ungkapnya.

Dalam mengisi kemerdekaan RI, masyarakat Kabupaten Tuban diimbau agar selalu mengingat perjuangan pahlawan. Tidak hanya itu, meneladani semangat nasionalisme dan budi luhur yang ada.

Selain itu Mas Lindra mengajak masyarakat untuk berperan aktif mendukung upaya pemerintah memerangi keberadaan rokok ilegal.

Pemkab Tuban berkomitmen mengelola dana bagi hasil cukai rokok untuk kepentingan masyarakat. Dana tersebut akan diarahkan guna meningkatkan kualitas kesehatan, peningkatan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Bojonegoro, Kunawi, mengatakan pihaknya bersama Pemkab Tuban akan terus melakukan sosialisasi hingga di tingkat desa. Selain itu, pengawasan dan penindakan terhadap peredaran rokok ilegal juga akan dimaksimalkan.”Kami harap masyarakat dapat memberitahu kami jika menemukan rokok ilegal, yaitu rokok tidak berpita cukai dan atau rokok polosan tanpa merek,” terangnya.

Kunawi menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemkab Tuban yang dalam memerangi rokok ilegal. Keterlibatan pemerintah daerah sangat dibutuhkan agar peredaran rokok ilegal dapat ditekan sehingga manfaat yang dirasakan masyarakat kian meningkat.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tuban, Gunadi menyatakan jumlah tumpeng yang terdata sebanyak 356 buah. Jumlah tersebut belum termasuk tumpeng yang dibawa masuk langsung. “Tumpeng tersebut berasal dari OPD, Kecamatan, dan instansi vertikal,” ujarnya.

Gunadi menambahkan Festival Jajanan Khas Tuban diadakan juga guna mendukung peningkatan perekonomian masyarakat. Sehingga pedagang dan pelaku UMKM turut merasakan manfaat dengan adanya event pemerintah.

 

Pewarta: Masrip.