Wakapolres Toba Hadiri Pengukuhan 20 Paskibra Tingkat Kabupaten

MabesNews.com, TOBA – Wakapolres Toba AKBP Lamin S.Pd menghadiri kegiatan pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Toba yang akan bertugas pada upacara Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78 di halaman Kantor Bupati Toba Tahun 2023, Rabu (16/08/2023)

Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Toba Ir Poltak Sitorus

Sebanyak 20 anggota Paskibraka itu merupakan pelajar SMA yang merupakan perwakilan dari beberapa sekolah yang ada di se Kabupaten Toba.

Bupati Poltak Sitorus dalam kesempatan itu menyampaikan selamat kepada Paskibraka yang telah diberikan amanah dan kehormatan sebagai Anggota Paskibraka Hari Ulang Tahun ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kabupaten Toba.

“Anggota Paskibraka adalah pemuda-pemudi terpilih, kalian harus bangga karena untuk menjadi paskibraka tidaklah mudah, harus melalui seleksi yang ketat dan yang terbaiklah yang terpilih,” ujarnya.

Persiapkan diri kalian baik-baik sejak saat ini, untuk melewati tonggak sejarah yang penting dalam melanjutkan tugas kepemimpinan, Pemuda Pemudi Indonesia diharapkan dapat tampil dan meneruskan cita-cita perjuangan bangsa hari dan kelak,” Imbuhnya.

Lebih lanjut Bupati meminta Paskibraka memegang prinsip rela berkorban demi keutuhan bangsa, beraklak mulia, dan memiliki semangat untuk mengabdi dan berbuat yang terbaik untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bupati juga berpesan agar para Anggota Paskibraka ini dapat menjadi ujung tombak dalam membangun persatuan bangsa dan memberikan motivasi bagi generasi muda lainnya.

Bupati Toba juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada para pelatih yang telah memberikan sumbangsih dalam melatih fisik dan mental para paskibraka sehingga mereka siap melaksanakan tugas mulia, mengibarkan sang merah putih.

Sementara itu, Wakapolres Toba AKBP Lamin S.Pd berpesan kepada anggota Paskibraka yang baru saja dikukuh untuk tetap semangat dan jaga kesehatan.

“Jaga kesehatan dan kekompakan serta tetap semangat. Tugas penting pada esok hari saat pengibaran dan penurunan bendera merah putih di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia,” pesanya.

Terima kasih kepada panitia, pelatih dan unsur terkait. Semangat dan terus semangat dalam pelaksanaan tugas menjadi Petugas Pengibar Bendera Merah Putih di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia,” katanya

Pada saat pengukuhan, Paskibra mengikrarkan janji di hadapan para orang tua dan Pendamping Kepala Sekolah SMAN se Kabupaten Toba.

Prosesi pengukuhan ditandai dengan mencium Sang Saka Merah Putih sembari diiringi lagu ‘syukur’, selanjutnya dilakukan pemasangan kendit oleh Bupati kepada perwakilan Paskibraka sebagai tanda resmi menjadi Anggota Paskibraka Kabupaten Toba.

Kegiatan ini di hadiri oleh Bupati Toba Ir Poltak Sitorus, Sekda Kabupaten Toba Augus Sitorus, Wakapolres Toba AKBP Lamin S.Pd, Plt Kajari Tobasa Hendra Ginting SH, Ketua PN Balige Evelyn Napitupulu, Pabung Kodim 0210/TU Mayor Inf K Napitupulu, Asisten Pemerintahan Eston Sihotang, Para OPD Kabupaten Toba, Kepala Kesbangpol Toba Josib Bronztito Sianipar, Danramil 17/Balige Kapten Inf B Siboro, Kapolsek Balige Iptu Slamat Pasaribu, para orang tua Paskibraka dan pendamping Kepala Sekolah SMAN se Kabupaten Toba.