Teungku Marbawi Peusijuk Lima Orang Jamaah ibadah Umroh

Pemerintah142 views

Mabesnews.com l Bireuen-Teungku Marbawi Meunasah Tgk. Digadong Peusijuk (tepungtawar) lima calon umroh, Kamis 14 Juli 2023 di rumah Sukirman ( Toke Agam) Cot Meurak Timu Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen.

Kelima jamaah umroh ini yang dipeusijuk adalah Sukirman ( toke Agam) dan Anaknya Nurfida Cot Meurak Timu.

Kemudian Suryani, Herayanti dan Suaminya Rima Syahputra beralamat Geudong Geudong kecamatan Kota Juang Bireuen.

Peusijuk merupakan sebuah prosesi adat dalam budaya masyarakat Aceh yangmasih dipraktikkan hingga saat ini.

 

Bahkan tradisi peusijuek dilakukan pada hampir semua kegiatan adat dalam kehidupan masyarakat di Aceh.

Ritual peusijuek ini mirip dengan tradisi tepung tawar dalam budaya Melayu.

di Aceh yang melakukan acara peusijuek adalah tokoh agama maupun adat yang dituakan ditengah masyarakat.

Teungku Sukirman kepada media ini disela sela acara menyebut, mereka berlima akan berangkat melaksanakan umroh ke Makkah dan Madinah pada Sabtu 5 Agustus 2023 dengan Travel Zamzam.

“Para calon Jamaah direncanakan akan berangkat dari Bandara Kualanamu pada tanggal 5 Agustus 2023 dan transit di Kuala Lumpur. Kemudian terbang ke Jeddah melalui pesawat Arab Saudi” Sebut Sukirman.

Sukirman menyebut pada 22 Juli 2023 mereka akan mengikuti manasik akbar di lapangan Hiraq Lhokseumawe dan bergabung dengan para umroh dari berbagai daerah.

Sukirman menyebut para calon jamaah umrah telah diberikan pembekalan lebih dahulu, dari mulai tahapan maupun proses perjalanan umrah, syarat rukun umrah, tata cara ziarah umrah, akhlaq umroh dan praktek manasik umrah.

“Mereka sebelumnya telah mengikuti manasik umrah, agar mendapatkan pemahaman tentang umrah secara sempurna, sehingga mampu melaksanakan ibadah umrah sesuai tuntunan syariat Islam,” ungkap Suryani salah seorang calon umroh dari Geudong Geudong Bireuen.

Suryani menyampaikan bahwa dalam kegiatan umroh menambah kualitas keimanan peserta Umroh semoga menjadi umroh yang maqbul.

Red