Musrenbang, Warga Sukajadi Ingin Bangun Gedung Serba Guna, Jefridin Beri Syarat Ini

Pemerintah63 views

MabesNews.com | Batam- Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, mewakili Wali Kota Batam H Muhammad Rudi (HMR), menjemput langsung usulan pembangunan masyarakat melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Batamkota, Sabtu (20/1/2024).

“Bapak Wali Kota Batam menyampaikan terima kasih atas atensi bapak dan ibu dalam Musrenbang ini. Kenapa harus dimusyawarahkan? Karena anggaran kita tidak dapat mengakomodir seluruh kebutuhan masyarakat. Jadi perlu usulan prioritas,” katanya.

Bertempat di Ninos, Komplek Dermaga Sukajadi, pada kesempatan itu disampaikan sebanyak 15 usulan prioritas Kelurahan Sukajadi tahun 2025.

Di antaranya 10 kegiatan non-Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan (PSPK) yaktu pembangunan box culvert, pembangunan drainase, pembangunan batu miring, dan peningkatan jalan.

Juga dua kegiatan PSPK, di antaranya pembangunan drainase dan pembangunan gedung serbaguna. Serta tiga kegiatan pemberdayaan masyarakat.

“Terkait gedung serbaguna dan fasilitas serupa lainnya yang belum diserahkan menjadi aset Pemerintah Daerah, harap segera diserahkan. Agar dapat kita bangun dan masuk ke PSPK tahun 2025,” kata Jefridin.

Menurutnya, Wali Kota Batam HMR, berkomitmen pada tahun 2025 mendatang Pemerintah Kota (Pemko) Batam khusus menganggarkan untuk PSPK sebesar Rp3,5 miliar per kelurahan se Kota Batam.

“Terima kasih. Semoga yang kita rencanakan dapat dilaksanakan dengan baik,” tambah Jefridin yang saat itu didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Batam Hj Hariyanti Jefridin, dan Camat Batamkota Firman Hidayat.

Sementara itu, Lurah Sukajadi menyampaikan, pada tahun 2023 sendiri telah merealisasikan PSPK sebanyak dua kegiatan, yaitu pembangunan jalan lingkungan dan semenisasi jalan, dengan jumlah anggaran sekitar Rp200 juta. Serta dua kegiatan non-PSPK, yaitu pembangunan gedung serbaguna dan batu miring.

“Untuk tahun 2024 Kelurahan Sukajadi akan melaksanakan sebanyak dua kegiatan Non PSPK dan tiga kegiatan PSPK,” katanya. (Nursalim Turatea).