Kerja Sampingan Jadi Peternak Kambing, Seorang Perwira Polisi di Tuban Raup Puluhan Juta Rupiah.

Polri73 views

MabesNews.com, Tuban – Banyak cara untuk mempersiapkan masa pensiun dan mencari penghasilan tambahan bagi seorang ASN. Seperti yang dilakukan seorang perwira polisi di Kabupaten Tuban, Iptu Suparto.

Di sela-sela kesibukannya melayani dan mengayomi masyarakat, perwira polisi yang berusia 55 tahun ini, masih menyempatkan beternak kambing. Memanfaatkan lahan tidur miliknya, pria yang menjabat Kasat Polairud Polres Tuban itu, mampu meraup cuan jutaan rupiah.

Ia dirikan bangunan kandang sederhana di lahan tidur miliknya di Desa Sumurgung, Kecamatan Montong, Tuban. Dari semula hanya merawat delapan ekor kambing, usaha sampingan perwira polisi ini terus berkembang hingga kini mencapai 61 ekor.

Untuk merawat ternaknya ini, Iptu Suparto tidak sendirian, ia dibantu dua orang warga sekitar. Keduanya membantu mengurus peternakan, terutama saat Iptu Suparto harus bekerja hingga larut malam.

“Jadi ada dua warga sini yang sehari-hari membantu saya mengurus ternak. Mereka bertugas menyiapkan makan dan minum sampai membersihkan kandang,” ujar Pak Parto, panggilan akrabnya, saat ditemui Jumat (23/6).

Beternak kambing sebenarnya sudah menjadi hobi sejak kecil sebelum jadi polisi. Selain untuk persiapan masa pensiun, keuntungan beternak kambing dapat menambah penghasilan secara halal. Jutaan rupiah mampu diraup, terutama pada momen mendekati Idul Adha.

“Saya ini orang desa, sejak kecil sudah terbiasa ternak kambing, karena merasa senang, kemudian jadi polisi ya kita lanjutkan kembali,” ungkap ayah dari dua anak ini.

Menjelang Hari Raya Idul Adha ini, permintaan kambing kurban meningkat hingga membuat peternakan Iptu Suparto kewalahan. Seluruh kambing dan domba miliknya, telah terjual dengan harga antara tiga juta sampai empat juta rupiah per ekor.

 

Meski sudah dibeli, para pembeli masih menitipkan sementara kepada Iptu Suparto, hingga saatnya Idul Adha nanti.

 

“Penjualan ke masyarakat untuk aqiqah atau hajatan lain, juga untuk kurban Idul Adha. Permintaan untuk Idul Adha hampir setiap hari ada,” jelasnya.

 

Iptu Suparto berencana terus mengembangkan peternakannya. Selain kambing, ia juga akan beternak sapi. Bahkan sebuah kandang sapi mulai dibangun tak jauh dari kandang kambing.

 

Kapolres Tuban, AKBP Suryono, mengapresiasi upaya anggotanya beternak kambing. Selain bermanfaat bagi dirinya, usaha tersebut juga membantu pemberdayaan masyarakat sekitar. Beternak kambing dianggap lebih baik daripada melakukan pungli atau kegiatan ilegal yang bertentangan dengan hukum.

“Bagus beternak kambing. Dari pada melakukan kegiatan yang negatif. Ini bisa jadi penghasilan tambahan dan bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat sekitar,” tandasnya. (htn/far)