Keragaman & Persatuan Adalah Tolok Ukur Kemajuan Kota Batam

Pemerintah117 views

 

MabesNews.com, Batam, Tampak sangat antusias merayakan keragaman dan persatuan di Hari Kemerdekaan Indonesia, HUT Ke-78 RI. Mulai upacara bendera dan berbagai jenis lomba. Semu berlangsung semarak dan penuh antusiasme.

 

Keragaman dan perbedaan memang telah menjadi karakter bangsa Indonesia sejak awal republik ini dibentuk. Inilah keunikan dan menjadi keunggulannya, di mana beragam bangsa menopang satu negara!

 

Beda jika dibandingkan dengan negara lain, yang pendirinya cenderung homogen bahkan ada yang hanya satu bangsa tapi menopang banyak negara.

 

Hebatnya lagi, para Founding Fathers kita berhasil menemukan simpul titik temu untuk menyatukan segala perbedaan yang ada. Hingga muncullah Pancasila yang di dalamnya terkandung semangat ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, kebijaksanaan, dan keadilan.

Inilah yang disebut ahli perang China kuno, Sun Tzu, “Pembeda dari orang yang tercerahkan itu ada dalam kesanggupannya untuk memahami simplisitas dari dasar kompleksitas.”

Maka sudah seharusnya kita bangga pada bangsa ini. Terus melaju dan maju dalam bingkai Republik Indonesia yang kini sudah berusia 78 tahun. Merdeka!

Bagaimana menurut Anda? (Nursalim Turatea).

MELAJU & MAJU: Wali Kota Batam H Muhammad Rudi (HMR), bersama Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina, dan Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, berjalan menuju Dataran Engkuputri, Batamcenter, untuk menghadiri Upacara Penurunan Bendera HUT Ke-78 RI, Tingkat Kota Batam, Kamis (17/8/2023).