Kapolres Toba Hadiri Malam Resepsi Kenegaraan HUT RI Ke 78, Kapolres Toba : Jangan Pernah Lelah Jadi Orang Yang Baik Dalam Kehidupan Kita

MabesNews.com, TOBA – Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb SH, S.ik didampingi Istri Ny Desy Taufiq menghadiri Malam Resepsi Kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 yang digelar Pemerintah Kabupaten Toba bersama unsur Forkopimda, di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Kamis (17/08/2023)

Malam resepsi Kenegaraan merupakan ungkapan rasa syukur dan ramah tamah dalam rangka memperingati HUT RI ke-78 di Kabupaten Toba yang berjalan sukses dan lancar dengan situasi kamtibmas aman dan kondusif.

Pada kesempatan itu, Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb SH, S.ik dalam sambutannya mengaku sangat bangga dan apresiasi dengan penampilan Paskibra Kabupaten Toba Tahun 2023. “Apa yang di tampilkan oleh Paskibra di peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 78 sangat luar biasa

Kapolres juga menghimbau agar masyarakat di Kabupaten Toba jangan suka bertengkar (masalah warisan), apalagi dengan saudara sendiri (masih satu marga).

Dia menyebutkan Filosofi orang Batak (Dalihan Natolu) itu, saat ini sudah mulai pudar. Hal ini terbukti dari banyaknya kasus pengaduan masyarakat, dimana saudara dengan saudara saling melaporkan.

Seharusnya, sikap sopan santun dan rasa saling menghormati orang Batak itu jangan hanya terlihat saat ada pesta saja, melainkan dalam kehidupan sehari-hari, harus bisa menurunkan ego, demi menjaga persatuan dan kesatuan, khususnya masyarakat Toba.

Kapolres juga mengajak Mari kita hidupin lagi filosofi Budaya Batak, Saya juga mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak karena sudah membantu tugas kepolisian Polres Toba selama ini.

Kapolres Toba juga menambahkan Jangan Pernah Lelah Jadi Orang Yang Baik Dalam Kehidupan Kita.

Sementara itu, Bupati pertama Kabupaten Toba, Sahala Tampubolon menyampaikan Kebersihan, dan tatakrama, terutama pedagang, masih perlu dibenahi. Jangan sampai ada pedagang yang menjadi cerewet, atau mengomel, kalau barang dagangannya tidak jadi dibeli pengunjung.

“Kalau turis datang, pertama yang dilihat kebersihan, kemudian tatakrama. Jangan karna (pengunjung) hanya melihat barangnya, lalu ditawar, tidak jadi diambil, lalu cerewet kita. Harus ada kesabaran. Toba harus maju, dibawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati,” kata Bupati pertama Kabupaten Toba itu.

Bupati Toba Ir Poltak Sitorus dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kemerdekaan yang kita nikmati saat ini, bukanlah didapatkan dengan cuma-cuma (gratis). Akan tetapi dengan perjuangan para pahlawan terdahulu, yang rela mengorbankan nyawanya.

“Malam resepsi kenegaraan, malam seperti inilah kita bersyukur atas kemerdekaan. Jadi di malam ini kita mengingat bahwa kemerdekaan ini bukan gratis. Ini dibayar mahal, harganya tak ternilai. Siapa yang bisa membayar darah, nyawa. Tidak ada yang bisa membayar itu,” ujar Bupati Poltak Sitorus.

Untuk itulah kita harus mengisi kemerdekaan, dimulai dari hal-hal kecil.

“Adik-adik kami, berprestasi saja di sekolahmu, itu sudah mengisi kemerdekaan,” sebutnya memotivasi Paskibra Toba.

Berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Toba, dalam mengisi kemerdekaan, diantaranya perbaikan jalan (infrastruktur), dan peningkatan SDM di bidang pendidikan, dengan merebut kursi sebanyak-banyaknya di SMA Unggul Del dan Yayasan Tunas Bangsa Soposurung.

Kemudian di bidang kesehatan, saat ini Rumah Sakit Umum Porsea di Kabupaten Toba sudah bisa melayani pasien penderita katarak, dengan waktu operasi yang singkat, hanya sekitar 15 menit.

Selanjutnya, untuk mendukung suksesnya even (olah raga air) F1H2O, Ski air, dan Jet Ski di Bulan November mendatang, Pemerintah Kabupaten Toba telah membuka kesempatan seluas-luasnya, bagi perantau (Investor) untuk berinvestasi di Toba.

Menutup kegiatan ini, Panitia mengumumkan lomba Kecamatan terbaik Kabupaten Toba Tahun 2023, sekaligus penyerahan hadiah kepada Camat serta berphoto bersama.

Hadir dalam acara Malam Resepsi Kenegaraan ini Bupati Kabupaten Toba Ir Poltak Sitorus, Wakil Bupati Toba Tonny Simanjuntak SE, Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb SH, S.ik, Ketua PN Balige Evelyn Napitupulu, Kajari Toba Samosir Hendra A Ginting SH, MH, Pabung Kodim 0210/TU Mayor Inf K Napitulu, Bupati Pertama Kabupaten Toba Sahala Tampubolon, Sekda Kabupaten Toba Augus Sitorus, Kapolsek Balige Iptu Slamat Pasaribu, para OPD Kabupaten Toba, Danramil 17/Balige Kapten Inf B Siboro, Danramil 13/Porsea Kapten Inf Tetap Lumbantoruan, para pelatih, pembina dan 20 Paskibra Kabupaten Toba Tahun 2023 serta Para Orang Tua Paskibra Tahun 2023.