Kapolres Aceh Tengah Hadiri Seminar Didong Gayo Di Grand Ballroom Parkside Hotel

Pemerintah478 views

MabesNews.com,Takengon – Kapolres Aceh Tengah AKBP Dody Indra Eka Putra, menghadiri seminar Didong Gayo, diadakan di Grand Ballroom Parkside Hotel Takengon Aceh Tengah, Sabtu (5/8/23).

Seminar Didong Gayo kali ini mengusung tema “Didong Sebagai peradaban gayo”, yang di ikuti 3 Kabupaten bersaudara diantara Kabupaten Bener Meriah, Gayo Lues dan Kabupaten setempat.

Irmansyah S.STP, M.Si, Selaku Ketua penyelenggara, dalam laporannya mengatakan, Didong yang telah dijadikan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) pada 2015 lalu oleh Kemendikbudristek, perlu dilakukan langkah keberlanjutan dan melestarikannya.

Seminar Didong dengan tema Didong sebagai Peradaban Gayo ini, merupakan lanjutan dari Kopi Gayo Didong Runcang yang diadakan di Aceh Tengah dan Bener Meriah pada Februari hingga Juni 2023 lalu,” ujar Irmansyah.

Irmansyah mengatakan bahwa seminar ini merupakan peristiwa penting dalam sejarah, sebagai upaya pelestarian dan penyelamatan Didong sebagai seni ni urang Gayo.“

Para pembicara dalam seminar ini, pelaku seni dan akademisi yang terlibat langsung terhadap didong,” ucap Irmansyah.

Peserta seminar ini adalah para ceh didong dari Aceh Tengah dan Bener Meriah yang berjumlah 80 kelop, para maestro didong, ceh senior, ceh milenial dan para guru seni di Aceh Tengah dan Bener Meriah,” Sebutnya.

Dikatakannya, Semoga nantinya, Didong juga bisa kita dorong sebagai warisan budaya tak benda ke Unesco.

Irmansyah berharap, seminar didong ini nantinya akan membuat rekomendasi langkah-langkah selanjutnya yang bertujuan untuk melakukan pelestarian.

Kegiatan tersebut di dukung oleh komunitas ceh didong keramat mufakat, The Gayo Institute(TGI), sanggar oloh guel, komunitas teater Reje Linge, Sanggar Devies Matahari, Komunitas Sastra Bukit Barisan (KKSB) Linge Antara Institut, Komunitas Desember Kopi, Komunitas Gayo Prasejarah, Dewan Kesenian Bener Meriah, Himpunan Seniman Muda Gayo, Ikatan Sarjana Seni Gayo dan Dewan Komunitas Seni Gayo.

Tampak hadir Dalam Kegiatan itu Pj. Bupati Aceh Tengah Diwakili Staf Ahli Bidang Keistimewaan Aceh Kemasyarakatan Dan Sdm, Pj. Bupati Gayo Lues, Pj. Bupati Bener Meriah, Kepala Sekretariat Majelis Adat Gayo, Tokoh masyarakat Gayo 3 kabupaten dan Para tamu Undangan.

(Deli kumar)