Kantor Kementerian Agama Kabupaten labuhan batu dan Kemenag Dr. H. Asbin Pasaribu, MA melaunching kampung moderasi beragama

Pemerintah262 views

Kantor Kementerian Agama Kabupaten labuhan batu dan Kemenag Dr. H. Asbin Pasaribu, MA Pemerintah Kabupaten labuhan batu (Pemkab) kabupaten labuhan batu melaunching kampung moderasi beragama di baledesa pondok batu, Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten labuhan batu Rabu (26/7/2023).

Kantor desa pondo batu ditetapkan sebagai Kampung Moderasi Beragama, sedangkan Desa pondok batu, Kecamatan Bilah Hulu menjadi Desa pondo batu labuhan batu.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Dr. H. Asbin Pasaribu, MA , menerangkan, Kepala Desa pondok batu dinilai sebagai miniatur Indonesia.
“Mudah-mudahan kampung moderasi beragama ini akan menjadi sebuah inspirasi buat semua daerah bukan saja di pondok batu kecamatan Bilah Hulu labuhan batu tetapi seluruh Indonesia,” terangnya.
moderasi beragama bukan hanya sebatas memberikan suasana rukun antara agama.

Melainkan juga akan memberikan edukasi dan bimbingan kepada masyarakat agar tertanam kerukunan.

“Arah kebijakannya umat beragama memiliki karakter moderat, rukun dan damai yang dibangun melalui tiga pondasi beragama yaitu moderat, transformasi digital, dan good governance,” jelasnya.
“Dalam sambutannya mengatakan Pemkab Labuhan Batu senantiasa melihat kebutuhan masyarakat salah satunya kepentingan beragama.

Seperti dalam pemberian bantuan rumah ibadah secara bertahap, pengalokasian PPPK untuk guru agama dan bantuan guru agama yang sedang bersekolah.

Selain itu, Ferdinand juga mengungkapkan sejumlah tantangan generasi  di masa mendatang.
“Inilah yang menjadi tantangan kita memastikan kita ini menjadi generasi yang unggul. Melalui kesempatan ini selain membentuk kerukunan agama kita, tetapi yang paling penting adalah bagaimana kondisi internal kita masing-masing kita jaga,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenag labuhan batu Dr. H. Asbin Pasaribu, MA menuturkan, kampung moderasi beragama dan desa sadar kerukunan adalah program unggulan Kemenag prioritas.

“Saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada keluarga besar Kementerian Agama Kabupaten labuhan batu termasuk pemerintah daerah yang cukup memberikan dukungan dalam pelaksanaan kegiatan kita hari ini,” tandasnya.
Turut hadir dalam kegiatan ini wakil bupati labuhan batu Hj.Eliya Rosa SPD.MM wakil ketua DPRD labuhan batu Sikecamatan labuhan batu kepala Desa pondok batu ketua MUI H. M suriya Dll.

( Sipahutar S.H)