Gelar Penyuluhan DAS Satgas TMMD Ke 117 Kodom 0412/LU

TNI118 views

MabesNews.com – Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-117 Kodim 0412/LU kembali melaksanakan kegiatan non fisik berupa penyuluhan Daerah Aliran Sungai (DAS) kepada masyarakat.

Penyuluhan DAS ini dilaksanakan bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lampung Utara dan berlabgsung di Balai Desa Kotabumi Tengah Barat, Kecamatan Kotabumi pada, Jum’at (28/07/2023).

Penyuluhan ini dilakukan demi meningkatkan kesadaran serta kepedulian masyarakat terhadap kelestarian DAS yang merupakan salah satu target dari sasaran Non Fisik Program TMMD Ke-117.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini Satgas TMMD Kodim 0512/LU menghadirkan perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Lampung Utara.

Penyuluhan itu disambut antusias oleh masyarakat Desa Kotabumi Tengah Barat, tujuan kegiatan itu guna memberikan penjelasan bahwa mereka dapat berpartisipasi dalam menjaga Lingkungan khususnya konservasi tanah dan Air di Desa.

Dalam penyuluhan tersebut, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup, Juliansyah Imron mengatakan, bahwa Daerah Aliran Sungai (DAS) merupakan kawasan dari dataran tinggi kerendah yang dilewati dan dialiri oleh Aliran Sungai.

Banyak persoalan yang dapat ditimbulkan di DAS apabila tidak dilakukan pemeliharaan seperti halnya penebangan pohon liar serta pencemaran limbah yang dapat menyebabkan penurunan kualitas air, ujarnya.

Melalui penyuluhan tersebut, Dinas Lingkungan Hidup bersama Satgas TMMD mengajak seluruh masyarakat Desa Kotabumi Tengah Barat untuk bersama-sama memelihara lingkungan Khususnya di Daerah Aliran Sungai dengan menanam pohon serta menjaga kebersihan disekitar Aliran Sungai.

Di Desa Kotabumi Tengah Barat sendiri hanya Dusun V yang memiliki Daerah Aliran Sungai, sehingga dengan adanya Program Non Fisik TMMD Ke-117 Kodim 0412/LU kepada masyarakat tentunya dapat meningkatkan Kesadaran masyarakat Terhadap kelestarian Lingkungan Daerah Aliran sungai yang ada di Desa Kotabumi Tengah Barat. Pendim 0412/LU Tutupnya (ZULMAIDI).