Dalam rangka HUT-TNI AU gelar bakti sosial di gedung negara kota Cirebon 

TNI62 views

MabesNews.com – Ribuan warga di Kota Cirebon dan sekitarnya menerima layanan kesehatan gratis dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) di Gedung Negara Bakorwil di Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Sabtu (2/3/2024).

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI AU.

Dari pantauan di lokasi, terlihat masyarakat sudah berdatangan sejak kegiatan dimulai pada pukul 07.00 WIB.

Warga langsung menuju ke lokasi pelayanan untuk mendapatkan penanganan masalah kesehatan mereka, seperti pemeriksaan gigi, pengobatan umum, pengobatan spesialis, dan layanan lainnya.

Selain pelayanan kesehatan, juga tersedia layanan donor darah dan khitanan massal.

Antrean pun terjadi karena antusiasme masyarakat yang ingin mendapatkan layanan kesehatan gratis tersebut tingi.

Wakil Asisten Personalia (Waaspers) Kasau, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Ir. Bob Henry Panggabean yang turut hadir dalam kegiatan ini mengatakan, bahwa kegiatan bakti sosial tersebut diikuti oleh 2.800 pasien dan 2.800 paket sembako telah dibagikan.

“Jumlah personel TNI AU yang terlibat mencapai 254 personel, terdiri dari 151 personel dari Mabes AU, 14 personel dari Satuan Radar (SATRAD) 214, 89 personel dari Lanud Sugiri Sukani, serta 15 orang dari Walubi,” ujar Bob saat ditemui di sela-sela kegiatan pada Sabtu (2/3/2024).

Selain pelayanan kesehatan gratis dan pembagian sembako, menurut jenderal bintang satu ini, TNI AU juga melakukan kegiatan renovasi ringan dan pengecatan di Keraton Kanoman Cirebon.

“Kegiatan bakti sosial ini dilaksanakan oleh TNI AU untuk menunjukkan rasa peduli, solidaritas dan kesatuan TNI AU bersama rakyat, serta membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan masyarakat,” ucapnya.

Bob berharap kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan mutu layanan kesehatan di Indonesia, khususnya di Kota Cirebon.

“Mari kita bersama-sama bersinergi untuk menjadikan kesehatan sebagai prioritas utama,” jelas dia.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Walikota Cirebon, Agus Mulyadi, mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Mabes TNI AU.(,Weni jurnalist)