CV KONSULTAN LANGGENG KARYA DIDUGA TIDAK SEPENUHNYA LAKSANAKAN PENGAWASAN TERHADAP RENOVASI BALAI PENYULUHAN PERTANIAN DI KABUPATEN TUBAN

MabesNews.com, Tuban – Renovasi Balai Penyuluhan Pertanian di kecamatan Plumpang,Merakurak,Bancar dan Parengan Tuban yang saat ini sedang dilaksanakan pengerjaanya diduga tidak sepenuhnya di awasi oleh consultan dari CV KONSULTAN LANGGENG KARYA,alamat: Jln,Delima no:2 Kelurahan Perbon kecamatan Tuban kabupaten Tuban,sehingga berakibat hasil pekerjaanya di ragukan kwalitasnya oleh banyak pihak.Senin (14/08/2023).

Di Lansir dari Layanan Pengadaan Secara Elektrik (LPSE TUBAN) Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kabupaten Tuban,telah menganggarkan biaya dari DAK FISIK Tahun anggaran 2023 sebesar Rp;29.748.000 (Dua puluh sembilan juta tujuh ratus empat puluh delapan ribu rupiah) yang dipercayakan kepada CV KONSULTAN LANGGENG KARYA,guna mengawasi dan memberikan pentunjuk teknis atas pelaksanaan pekerjaan renovasi Balai Penyuluhan Pertanian di Kecamatan Plumpang,Merakurak, Bancar dan Parengan Tuban dengan harapan seluruh Renovasi BBP tersebut sesuai dengan perencanaan semula.

Perlu untuk diketahui Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kabupaten Tuban telah menganggarkan dana untuk masing- masing Renovasi Balai Penyuluhan Pertanian adalah sebagai berikut: BPP Plumpang Rp; 444.902.000,Pelaksana CV: BUMI ASRI,alamat:Prunggahan wetan Semanding Tuban.

BPP Merakurak Rp: 446.436.000,Pelaksana CV: ADINDA AGUNG RIZKI,alamat: Desa Pakel RT:021 RW:006 Pakel Montong Tuban.
BPP Bancar Rp;382.728.000; Pelaksana: CV:BIMA SAKTI,alamat: Jl Patimura no:74 Tuban.

BPP Parengan Rp;443.758.000,Pelaksana CV:DUA AIRLANGGA MUDA,alamat: Jl. Montong Singgahan (belakang Pasar Montong) Desa Montongsekar Montong Tuban. Seluruh anggaranya dari DANA ALOKASI KUSUS Tahun anggaran 2023.

Saat ditemui awak Media pada Jum,at tamggal:11 agustus 2023, salah satu pekerja dilokasi proyek Renovasi Balai Penyuluhan Pertanian Parengan Tuban berbicara dengan nada ketus” Disini tidak usah konsultan konsultanan pak,sudah bisa kerja sendiri” katanya sambil nyruput kopi.

Masih ditempat yang sama pekerja yang lain saat dimintai keterangan tentang tenaga ahli dari cv ia menjawab” jarang datang di proyek pak ,dalam 1 minggu itu 2 sampai 3 kali datang diproyek itupun hanya sebentar setelah melihat-lihat kemudian pergi lagi.” Jawabnya.

Di lokasi proyek Renovasi BPP Parengan, pewarta juga tidak melihat papan pengumuman Proyek yang terpasang dilokasi,hal itu sudah jelas-jelas mengabaikan amanat UU KIP nomor:14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik dan Perpres no:70 tahun 2012 tentang perubahan kedua atas Perpres no:54 tahun 2010,tentang Pengadaan barang/jasa Pemerintah,Peraturan Menteri Pekerjaan umum nomor 29/PRT/M/2006,tentang pedoman persyaratan Teknis Bangunan Gedung( Permen PU nomor 29/2006) dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum nomor 12/PRT/M/2014 tentang Penyelenggaran sistem Drainase Perkotaan.(Permen PU nomor 12/2014).

Ditempat lain lokasi Proyek Renovasi Balai Penyuluhan Kecamatan Bancar Tuban pewarta melihat hasil pekerjaan kurang enak di pandang mata yaitu: Retakan-retakan tembok hanya ditambal plesteranya.

Bang Mandor Proyek saat dimintai keterangan pada Jum at tanggal:11 agustus 2023 tentang pelaksanaan pekerjaan ia enggan untuk menjawab secara rinci tentang RABnya,” saya hanya pekerja biasa yang bertugas untuk mengarahkan para pekerja” terangnya.

Ia menambahkan” Konsultanya hari ini tidak masuk kerja,kadang ada kadang tidak,”Tambahnya.

Sementara itu di lokasi Proyek Renovasi Balai Penyuluhan Pertanian Merakurak.Pelaksana cv: Adinda Agung Rizki,saat dikonfirmasi menjelaskan’ Renovasi Balai Penyuluhan Pertanian Merakurak ini akan saya laksanakan sesuai petunjuk teknis dari consultannya,” jelasnya sambil menunjuk ke arah konsultan yang dimaksud.

“Benar sekali atas apa yang dijelaskan oleh pelaksana tadi sesuai dengan disiplin ilmu yang saya miliki, karena anggaran ini adalah uang rakyat,maka semaxsimal mungkin akan saya kawal dan berikan petunjuk teknisnya sampai finish,”paparnya konsultan.

Renovasi BPP Plumpang Pelaksana cv. mengatakan dirinya sangat senang jika pekerjaanya di awasi dan diberikan saran dan kritik” Monggo-monggo silahkan diambil Fotonya saran dan masukanya saya tunggu,” katanya sambil tersenyum.

Hal senada juga di sampaikan oleh konsultan yang bertugas di Renovasi BPP Plumpang” ya renovasi ini saya kawal dan berikan petunjuk teknis sesuai dengan disiplin ilmu yang saya miliki” jelasnya sambil menujukan gambar proyek

Saat warta ini di publikasikan, pewarta belum konfirmasi dengan Pelaksana Cv :Dua Airlangga Muda atas pekerjaan Renovasi BPP Parengan dan Pelaksana cv,Bima Sakti atas pekerjaan Renovasi BPP Bancar dan perlu juga dipublikasikan bahwa perwata telah mencoba berkali-kali menghubungi melalui washaaf dan panggilan ke nomor yang diduga milik Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Tuban,namun gagal dan terus gagal nampaknya tidak ada niat untuk menjawabnya.

Pawarta : Masrip