Aroma Tak Sedap Mengganggu Pernapasan,”Muara Jalan Tempat Pemakaman Umum Jadi Tempat Pembuangan Sampah.

Pemerintah745 views

MabesNews.com, Katingan Tengah – Tempat Pemakamam Umum (TPU) , di Km 1, Kec.Tumbang Samba menjadi tempat pembuangan sampah, aroma tak sedap pun menyengat hingga mengganggu pernapasan warga melintas, kondisi seperti itu membuat pemakaman itu menjadi tak sedap dipandang mata saat mau memasuki wilayah pemakaman, Minggu, 03 Maret 2024.

Dari pantauan awak Media Mabesnews.com di lokasi, dari mulai masuk area pemakaman Km 01, sudah terlihat sampah berserakan saat awak media Ini melakukan perjalanan dari Samba danum Menuju KM 30 jl Cilik Riwut arah sampit, Kotim.

Tim awak media Ini mendatangi lokasi, sebelumnya keberadaan sampah tersebut sudah sudah sejak lama ungkap warga yang enggan di sebutkan namanya saat di temui untuk di wawan carai.

Salah satu warga yang enggan di sebut namanya mengatakan pembuangan sampah di area Km 07 jl Samba menuju jl Cilik Riwut Km 30 jalan nasional Katingan-Kotim ungkap nya.

Pembuangan sampah di muara jalan pemakaman Tersebut sudah terjadi sejak lama,”Karena saking banyaknya, sampah tersebut sudah pernah di buat tempat khusus pembuangan sampah menggunakan anggaran yang di duga tidak sedikit,yang berada di KM 07, sambungnya.

“Suadah nggak pakai gerobak lagi mereka mengangkatnya, sudah pakai mobil Dam truk ujarnya, “namun sayangnya Dam truk tersebut sudah rusak dan terbengkalai di pembuangan sampah KM 07 tersebut,tuturnya lagi.

Salah satu warga berhatap, agar pemerintah kembali aktif memperhatikan situasi sampah sampah tersebut agar dapat di kelola dengan baik hingga benar benar terkondisikan sesuai dengan tempat dan pungsinya.

Untuk menindak lanjut temuan tersebut awak media ini belum konfirmasikan ke DLH dan kelurahan Samba kahayan mengingat situasi kedatangan awak media ini di TKP kebetulan Hari saptu dan Minggu hingga tidak sempat untk menemui pemerintah setempat dengan tujuan konfirmasi mengenai persoalan tersebut.

“Dengan terbitnya pemberitaan ini untuk di ketahui secara umumnya kami berharap kepada para pihak Pemerintah dan Dinas terkait agar dapat menghubungi Kaperwil Media ini di Nomor whatsapp 085254571467 untuk melakukan kelaripikasi lebih lanjut mengenai temuan Tim awak media ini untuk di tayangkan, atas atensi dan perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

 

M.Iskandar H. K//Bony A