Alamsyah : Humas Bawaslu harus Bekerja Cepat, Tepat dan Terukur

Pemerintah97 views

photo:(Istimewah) Humas Bawaslu Harus Bekerja Cepat,Tepat Dan Terukur

MabesNews.com.Bulukumba, Anggota Bawaslu Prov Sulsel Divisi Humas, Data dan Informasi, Alamsyah menekankan pentingnya humas bekerja cepat, tepat, dan terukur dalam mengabarkan informasi ke luar, hal tersebut disampaikan saat memberikan arahan pada rapat pengelolaan kehumasan, peliputan dan dokumentasi serta informasi publik di Kantor Bawaslu Bulukumba, Minggu (23/7/2023).

Selain kerja terukur, humas dalam mengelola informasi juga dapat menerapkan prinsip Amati, Tiru dan Modifikasi (ATM),” katanya.

Sebagai badan publik, Bawaslu memiliki tugas dan tanggung jawab untuk memberikan akses informasi yang transparan dan akuntabel kepada publik. Sebagai tindaklanjut Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Bawaslu sebagai Badan Publik wajib menyediakan informasi akurat, benar dan tidak menyesatkan, sehingga jajaran pengawas pemilu dituntut mengawal pengelolaan lembaga yang bersih, profesional dan berwibawa serta berdampak positif terhadap peningkatan citra lembaga, tambahnya.

Ditempat yang sama, Anggota Bawaslu Bulukumba, Abdul Rahman menjelaskan pentingnya humas sebagai teras depan lembaga, bagaimana suatu lembag baik dan buruknya itu tergantung humas.

Lanjut Rahman, humas juga merupakan corong terdepan dalam menyampaikan segala informasi penting mengenai kerja lembaga kepada publik. Dengan penyampaian informasi ini diharapkan publik dapat memahami sudut pandang lembaga tentang suatu isu atau permasalahan tertentu

Hal yang sama juga disampaikan ketua Bawaslu Bulukumba, Ambo Radde Junaid yang menjelaskan pentingnya informasi, dokumentasi dikemas secara tepat, agar dapat menarik minat publik untuk mengetahui lebih jauh informasi yang ada di Bawaslu.

Ambo Radde berharap di bidang kehumasan termasuk panwaslu kecamatan yang membidangi humas dapat membangun komunikasi dan koordinasi dengan media termasuk yang ada di kecamatan masing-masing agar dapat menyajikan informasi yang menarik serta mampu mengedukasi masyarakat terkait informasi kepemiluan.

Turut hadir sebagai narasumber dalam kegiatan pengelolaan kehumasan, peliputan dan dokumentasi serta informasi publik masing-masing Ahmad yang merupakan Komisioner Komisi Informasi Daerah Kab. Bulukumba dan A. Ayatullah Ahmad, Kabid Humas Diskominfo Bulukumba.

Narasumber : Ashar”